Jelang Larangan Mudik, Pemprov DKI Jakarta Terbitkan Kepgub SIKM

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 10:42 WIB
Wagub DKI jkaarta Ahmad Riza Patria menyebutkan Kepgub SIKM telah diterbitkan, Rabu (5/5/2021)
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan Kepgub SIKM telah diterbitkan. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Larangan mudik Lebaran dimulai Kamis, 6 Mei besok. Pemprov DKI Jakarta telah menerbitkan keputusan gubernur (Kepgub) perihal surat izin keluar masuk (SIKM) sebagai syarat perjalanan selama larangan mudik.

"Terkait SIKM juga sudah dikeluarkan," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria seusai gelar pasukan Operasi Ketupat Jaya 2021 di Polda Metro Jaya, Rabu (5/5/2021).

Riza mengatakan pihaknya akan melakukan seleksi ketat bagi warga yang hendak mengurus SIKM. Menurutnya, SIKM itu hanya diberikan kepada pekerja esensial hingga warga yang melakukan perjalanan mudik mendadak akibat urusan kedukaan.

"Kami minta dapat diberikan orang tertentu saja. Hanya keperluan pekerjaan yang pekerjaan yang penting yang ensensial. Lalu yang hamil, kegiatan persalinan, ada yang meninggal dunia. Yang lain-lain tidak diperkenankan, itu pun harus diikuti dengan rapid antigen," sebut Riza.

Kebijakan larangan mudik Lebaran diketahui mulai diterapkan pada Kamis (6/5) dini hari nanti hingga 17 Mei mendatang. Polri sendiri telah menyiapkan total 155 ribu personel dalam mengamankan kebijakan larangan mudik.

Sebelumnya, Riza memastikan pengurusan SIKM ini akan lebih cepat dan mudah. Sebab, menurut Riza, proses administrasi dan verifikasi SIKM tak perlu dilakukan di Pemprov.

"Prinsipnya, ada SIKM mulai tanggal 6 sampai tanggal 17 Mei, kemudian nanti diisi melalui aplikasi yang sudah disiapkan. Kalau dulu melalui provinsi, nanti melalui kelurahan, lebih mudah, lebih cepat, lebih dekat untuk dilakukan verifikasi," tuturnya.

Pengaturan SIKM di Ibu Kota mengacu pada Adendum SE Satgas COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021 serta SE Permenhub Nomor 13 Tahun 2021. Setidaknya, ada empat kategori warga yang diperbolehkan keluar-masuk di kawasan aglomerasi Jabodetabek.

Pemprov DKI juga memastikan SIKM akan diberlakukan di semua moda transportasi umum hingga kendaraan pribadi. Dia mencontohkan SIKM akan dicek ketika menaiki angkutan bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Pihaknya juga berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk menyekat pintu masuk hingga jalan tikus.

Lihat juga Video: Aturan SIKM Selama Larangan Mudik Lebaran 2021

[Gambas:Video 20detik]

(mea/fjp)