10 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun Senen H-1 Larangan Mudik

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 10:16 WIB
Jakarta -

Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, dipadati penumpang kereta jarak jauh pada H-1 larangan mudik. Ada 10 ribu penumpang yang akan berangkat hari ini.

"Hari ini sekitar 10.000 kemarin 9.400-an data pukul 09.00 WIB, nggak terlalu jauh karena memang dari sisi total juga perjalanan tidak ada yang ditambah," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (5/5/2021).

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa (Wilda-detikcom)Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa (Wilda/detikcom)

Eva mengatakan 10 ribu penumpang yang berangkat hari ini merupakan jumlah terbesar menjelang larangan mudik. Eva menyebut jumlah tidak ada penambahan kereta api (KA).

"Selama pengetatan terbesar, tapi terbesarnya, jumlahnya, masih di kisaran rata-rata yang standarlah karena selama masa pengetatan itu tidak ada penambahan jumlah KA. Jadi 20 KA di Stasiun Pasar Senen," kata Eva.

Eva memastikan tidak akan ada lonjakan penumpang di Stasiun Pasar Senen. Pasalnya, ketersediaan tempat duduk sudah diperhitungkan dan Stasiun Pasar Senen tidak menambah jumlah perjalanan.

Suasana pemudik padati Stasiun Pasar Senen pada Rabu,(5/5/2021)Suasana pemudik memadati Stasiun Pasar Senen pada Rabu (5/5/2021). (Wilda/detikcom)

"Jadi bisa kita katakan bahwa tidak akan terjadi lonjakan penumpang yang signifikan dalam jumlah tinggi, kenapa? karena jumlah perjalanannya sama, ketersediaan tempat duduknya sama. Jadi kita kalaupun ada peningkatan ya seperti tadi itu, dari 9.400 ke 10.000 kan tidak terlalu jauh ya," ujarnya.

Sebelumnya, Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, dipadati calon penumpang kereta api (KA) hari ini. Kepadatan terjadi menjelang H-1 larangan mudik.

Pantauan detikcom, pukul 08.45 WIB, pemudik tampak memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Para calon penumpang turut membawa barang bawaannya, seperti kardus dan koper.

Para calon penumpang tampak memenuhi kursi sebelum masuk ke pintu keberangkatan. Mereka terlihat duduk berjaga jarak dan mengenakan masker.

Tak tampak antrean tes GeNose ataupun swab antigen di Stasiun Pasar Senen. Namun ada sedikit antrean di pintu keberangkatan 1 KA Tegal Ekspres.

Menurut jadwal, pukul 09.20 WIB ini, KA Tegal Ekspres tujuan Tegal akan berangkat melalui Stasiun Pasar Senen. Belum dapat dipastikan berapa jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Senen pagi ini.

(whn/haf)