Geledah Eks Markas FPI Sulsel, Ini 2 Hal yang Didalami Polisi

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 18:17 WIB
Penggeledahan eks markas FPI di Makassar oleh Densus 88 (dok. Istimewa).
Penggeledahan eks markas FPI di Makassar oleh Densus 88. (dok. Istimewa)
Makassar -

Densus 88 Antiteror Polri menggeledah eks markas FPI di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Penggeledahan dilakukan guna pengembangan kasus bom Gereja Katedral Makassar dan kelompok Vila Mutiara.

"Terkait pengembangan kasus bom Gereja Katedral dan kedua kaitannya dengan pengembangan kelompok Vila Mutiara," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan saat dikonfirmasi, Selasa (4/5/2021).

Pada Januari 2021, Densus 88 Polri mengamankan sekitar 20 orang yang terkait dengan kelompok JAD dan juga merupakan anggota dari FPI Sulsel.

"(Ada) 20 orang diamankan dan dijadikan tersangka dan ada pengakuan yang ditangkap dibaiat di FPI dan ada Munarman. Untuk apa yang diambil (Densus) saya belum tahu," terang dia.

Sore ini, Densus 88 menggeladah eks markas FPI di Jalan Sungai Limboto, Makassar. Eks Sekretaris FPI Sulsel, Agussalim, belum bisa dihubungi terkait penggeledahan ini, kontak telepon dan pesan singkat tidak dibalas olehnya.

Sebelumnya diberitakan, penggeledahan dilakukan untuk kepentingan pengembangan terkait dengan pengakuan salah satu terduga teroris yang ditangkap di Vila Mutiara pada Januari 2021. Namun Polda Sulsel belum menjelaskan lebih detail terkait barang bukti apa saja yang diamankan dalam penggeledahan ini.

"Kan kita tahu pada saat kelompok Vila Mutiara ditangkap di awal tahun. Kan ada pengakuan salah satu yang diamankan itu ada beberapa orang itu yang dibaiat oleh Munarman, jadi ke sana kaitannya," jelas Zulpan.

(fiq/jbr)