Polisi Akan Gelar Perkara Kasus Kerumunan Konser Musik di Cibis Park

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 16:01 WIB
Lokasi Konser Musik di Cibis Park Jaksel Digaris Polisi (Foto: Adhyasta/detikcom)
Lokasi Konser Musik di Cibis Park Jaksel Digaris Polisi (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Selatan akan menggelar perkara terkait kerumunan konser musik di Cibis Park, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Gelar perkara dilakukan untuk mendalami ada-tidaknya tindak pidana yang dilanggar terkait kerumunan konser musik tersebut.

"Kita akan melakukan gelar perkara, termasuk memeriksa masih memeriksa beberapa saksi yang lain untuk menentukan statusnya yang ke tingkat penyidikan hingga menentukan siapa yang bertanggung jawab," kata Kapolres Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah kepada wartawan di Polres Metro Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/5/2021).

Selanjutnya, penyidik Polres Metro Jaksel juga akan memintai keterangan sejumlah saksi untuk melengkapi penyelidikan tersebut.

"Itu tadi kita sampaikan bahwa semua saksi kita periksa dulu dan akan kita gelarkan," ujar Azis.

Konser musik itu sendiri digelar untuk menarik pengunjung dalam rangka memeriahkan bazar Ramadhan. Kegiatan bazar Ramadhan rutin diselenggarakan di Cibis Park setia bulan puasa.

Satpol PP akan menganalisis kemungkinan pemberian sanksi ke pengelola area Cibis Park. Ujang menuturkan area Cibis Park ditutup mulai Selasa (3/5) kemarin.

Pelanggaran yang dilakukan adalah mengadakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan, tak membatasi jumlah pengunjung di lokasi.

Penyelenggara acara, lanjut Ujang, mengaku semula lagu-lagu yang hendak dilantunkan sepanjang acara adalah lagu-lagu Islami. Namun, ada pihak ketiga yang digandeng penyelenggara untuk menambah meriah acara.

"Ini kita masih dalami lagi. Karena dari penyelenggara ini ada bekerjasama juga dengan pihak lain. Jadi dia menyelenggarakan.... Sebenarnya nuansa lagu Islami, tapi ada yang istilahnya dikira rekan bisa bantu untuk ramaikan, tapi disalahgunakan," jelas Ujang.

Sementara itu, lokasi telah dipasangi garis polisi. Kegiatan bazar Ramadhan di Cibis Park juga disetop untuk sementara waktu.

Simak Video: Kerumunan Konser Musik di Cibis Park yang Berujung Polisi

[Gambas:Video 20detik]



(run/mea)