Remaja Masjid Copot Paksa Masker Jemaah, Muhammadiyah: Jangan Semena-mena!

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 12:26 WIB
Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. H Dadang Kahmad
Dadang Kahmad (Dok. Muhammadiyah)
Jakarta -

PP Muhammadiyah menyayangkan aksi remaja Masjid Al Amanah, Bekasi, yang menarik masker jemaah sambil membentak-bentak. Muhammadiyah meminta pengurus masjid tidak semena-mena kepada jemaah.

"Jangan semena-mena, apalagi itu melanggar aturan kan. Orang pakai masker itu sesuai yang sesuai aturan, yang tidak pakai masker tidak sesuai aturan zaman sekarang," kata Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad kepada wartawan, Selasa (4/5/2021).

Dadang meminta masyarakat tidak melakukan pemaksaan kepada orang lain. Indonesia adalah negara demokrasi, Dadang meminta agar ditanamkan sikap saling menghormati.

"Jangan sampai seperti itulah, saya kira ini menjadi satu peringatan bagi siapa pun tidak boleh memaksa apa pun juga, terhadap pemaksaan. Ini kan negara demokrasi, negara yang kita punya pilihan, jadi pilihan itu harus diperhatikan, harus dihormati," tutur dia.

Memakai masker saat pandemi Corona, kata Dadang, merupakan kewajiban. Dia menyebut aturan itu harus diikuti untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona.

"Orang pakai masker itu bahkan kewajiban, kewajiban untuk memakai masker, sekarang itu merupakan suatu aturan hukum yang tidak tertulis bahwa masker itu adalah protokol kesehatan yang harus ditepati. Muhammadiyah itu dari awal sudah menekankan kepada penganutnya, ikuti protokol kesehatan. Bahkan panduan besok Idul Fitri udah kita buat, kalau sekiranya daerah merah itu tidak boleh ada Idul Fitri di lapangan di masjid, itu di rumah saja," tutur nya.

Simak Video: Ini Alasan DKM Masjid yang Larang Jemaah Salat Pakai Masker

[Gambas:Video 20detik]