Pertanyaan Janggal Tes ASN KPK: Soal FPI hingga Opini Program Pemerintah

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 11:51 WIB
Para pembicara memaparkan pendapatnya dalam diskusi Pemilu 2019 Terancam, KPU Dikriminalisasi di Jakarta, Minggu (30/12/2018). Diskusi dilatari oleh pelaporan 2 (dua) komisioner KPU ke kepolisian terkait pencoretan nama Oesman Sapta Odang (OSO) dari daftar calon tetap (DCT) Pemilu DPD.  Hadir dalam diskusi tersebut antara lain PUSaKO FH Univ. Andalas Feri Amsari (kanan), peneliti Kode Inisiatuf Veri Junaidi dan peneliti Formappi Lucius Karus.
Feri Amsari (Ari Saputra/detikcom)

Sebelumnya, beredar kabar sejumlah pegawai KPK, termasuk Novel Baswedan, tidak lolos asesmen tes wawasan kebangsaan untuk alih status sebagai ASN. Hasil itu sudah dikantongi KPK, tapi sampai saat ini belum disampaikan ke publik.

"KPK benar telah menerima hasil asesmen wawasan kebangsaan yang diserahkan pihak BKN (Badan Kepegawaian Negara) RI tanggal 27 April 2021," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Senin (3/5/2021).

Penyidik senior KPK Novel Baswedan mendengar kabar tidak lolosnya sejumlah pegawai KPK melalui tes alih status sebagai ASN. Novel sendiri juga sebagai bagian dari pegawai yang tidak lolos.

"Cuma itulah aku paham tapi nanti begitu disampaikan itu benar baru bisa dikonfirmasi kan tapi rasanya kayak begitu sih," kata Novel, Selasa (4/5).

"Mereka maunya begitu, tapi itu kan sudah lama, upaya-upaya cuma yang berbeda yang diduga berbuat pimpinan KPK sendiri, kan lucu," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK Cahya Hardianto Harefa merespons kabar pemecatan pegawainya yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK). Cahya memastikan hasil asesmen TWK masih tersegel.

"Saat ini hasil penilaian asesmen TWK tersebut masih tersegel dan disimpan aman di Gedung Merah Putih KPK dan akan diumumkan dalam waktu dekat sebagai bentuk transparansi kepada seluruh pemangku kepentingan KPK," kata Cahya dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5).

Simak juga video 'Tepisan Polri soal Bahan Peledak TATP yang Disebut Pembersih WC':

[Gambas:Video 20detik]




(lir/fjp)