Cegah Penumpukan, Rekayasa Lalin Diberlakukan di Tanah Abang

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 20:52 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) bersama Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman (ketiga kiri) dan Kapolda Metro Jaya Muhammad Fadil Imran (kedua kanan) meninjau situasi di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021). Anies mengakui adanya lonjakan pengunjung di pusat tekstil terbesar se-Asia Tenggara dari sekitar 35.000 pengunjung pada hari biasa menjadi sekitar 87.000 orang pada akhir pekan ini sehingga pihaknya menyiagakan sekitar 750 petugas untuk menjaga kedisiplinan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Kerumunan di Tanah Abang (ADITYA PRADANA PUTRA/detikcom)
Jakarta -

Lonjakan jumlah pengunjung tidak hanya membuat Pasar Tanah Abang penuh sesak, tetapi juga menimbulkan kemacetan. Petugas telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan di Pasar Tanah Abang.

"Kita lakukan rekayasa penutupan dan pengalihan arus di Kawasan Tanah Abang," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi detikcom, Senin (3/5/2021).

Sambodo mengatakan kebijakan itu diambil untuk mengurai kepadatan warga yang berdatangan ke Pasar Tanah Abang. Rekayasa lalu lintas bakal diterapkan hingga menjelang Idul Fitri nanti.

Rekayasa penutupan dan pengalihan arus lalu lintas diberlakukan secara situasional tergantung kondisi di lapangan. Polisi akan berjaga di lokasi, terutama pada jam-jam macet.

"(Kebijakan rekayasa lalin di Tanah Abang) dilakukan sampai menjelang Lebaran. Buka tutup nantinya melihat kepadatan lalu lintas," ujar Sambodo.

Ada beberapa titik yang akan ditutup, seperti Bongkaran, Petamburan menuju Tanah Abang, jalan layang Jatibaru dan Tanah Abang Blok G.

Seperti diketahui, kerumunan warga di Pasar Tanah Abang terjadi akhir pekan lalu. Para pengunjung memadati pasar tersebut tanpa mengindahkan anjuran jaga jarak.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Saksikan video 'Ini Lokasi Jalan Arah Tanah Abang yang Ditutup Imbas Kerumunan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2