20 Bus Gratis Disiapkan Angkut Warga ke Stasiun Terdekat dari Tanah Abang

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 16:10 WIB
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 20 bus gratis untuk mengangkut calon penumpang KRL dari Stasiun Tanah Abang ke stasiun lain. Bus gratis itu disiapkan karena Stasiun Tanah Abang ditutup sementara.

Stasiun Tanah Abang ditutup mulai pukul 15.00 hingga 19.00 WIB. Bus gratis itu disiapkan untuk menampung calon penumpang KRL yang tak kebagian kereta di Stasiun Tanah Abang.

"Terkait penutupan operasional KA dari Stasiun Tanah Abang mulai pukul 15.00 WIB, maka Dinas Perhubungan menginisiasi memberikan fasilitas untuk para pengguna KA menuju ke stasiun terdekat. Fungsinya adalah untuk memecah agar tidak terjadi kerumunan di Stasiun Tanah Abang," kata Kabid Angkutan Jalan Dishub DKI Jakarta Yayat Sudrajat di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Senin (3/5/2021).

Bus tersebut membawa calon penumpang KRL dari Stasiun Tanah Abang ke lima stasiun terdekat, yakni Stasiun Palmerah, Gondangdia, Karet, Duri, dan Angke. Yayat mengatakan fasilitas bus gratis di Stasiun Tanah Abang akan diberlakukan hingga 12 Mei 2021.

"Operasional sampai jam 7 malam, 19.00 WIB, mengikuti aturan yang ada," ucapnya.

Dia mengatakan Dishub DKI Jakarta akan melakukan evaluasi ke depan. Layanan bus gratis itu bisa saja diperpanjang.

"Kalau situasi hasil evaluasi dan memang harus diperpanjang ya kita akan melakukan kembali perpanjangan," katanya.

Bus gratis disediakan dari Stasiun Tanah Abang (Farih-detikcom)Bus gratis disediakan dari Stasiun Tanah Abang. (Farih/detikcom)

Pantauan detikcom, warga tak diperkenankan masuk ke Stasiun Tanah Abang sejak pukul 15.00 WIB. Mereka yang tidak mengetahui aturan jam operasional baru itu diarahkan untuk menumpangi bus gratis yang telah disediakan.

Bus tersebut disediakan secara gratis. Warga yang masuk ke bus diukur suhu tubuh terlebih dahulu. Stasiun Tanah Abang ditutup sementara demi mencegah kerumunan penumpang saat pandemi Corona.

(fas/haf)