detikcom Do Your Magic

Sekitar Jembatan Kota Paris Mulai Dibereskan untuk Pembangunan Taman

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 15:46 WIB
Pembersihan sekitar area Jembatan Kota Paris, Johar Baru untuk jadi ruang publik.
Pembersihan sekitar area Jembatan Kota Paris, Johar Baru untuk jadi ruang publik (dok. Kecamatan Johar Baru)
Jakarta -

Pemerintah memulai proses pembuatan taman di Jembatan Kota Paris yang kerap menjadi akses tawuran. Pengecekan lapangan dan pembersihan area sudah mulai dilakukan.

"Baru mulai penataan, tadi baru cek lapangan bersama Asisten Ekbang (Ekonmi dan Pembangunan), Kasudin Bina Marga, dan Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota. Mulai besok sudah mulai dikerjakan, insyaallah," ujar Camat Johar Baru Nurhelmi Savitri, saat dihubungi Senin (3/5/2021).

Jembatan Kota Paris itu terletak di Jl Rawa Sawah II, antara Kampung Rawa dengan Kota Paris Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat. Jembatan penyeberangan orang itu melintang di atas Kali Cideng. Area sekitar jembatan kini ditertibkan.

"Itu (area pinggir jembatan) sudah ditertibkan sebagian. Mau dibuat lapangan multifungsi," ucap Nurhelmi.

Beberapa warung yang ada di lokasi ditertibkan sehingga area tersebut kembali menjadi ruang publik. "Luasnya kira-kira bisa buat lapangan bulu tangkis," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda, menyebut pihaknya sudah mulai mempersiapkan infrastruktur taman.

"Hari ini kami sudah mulai pasang batu bata untuk planter box. Pergola sudah disiapkan tinggal dipasang," katanya.

Pemerintah mengecek dan mempersiapkan pembangunan taman di Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat.Pemerintah mengecek dan mempersiapkan pembangunan taman di Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat. Foto: dok. Kecamatan Johar Baru

Ada Peningkatan Pengamanan di Sekitar Jembatan

Menurut Camat Johar Baru Nurhelmi Savitri, proyek pembangunan taman merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk meredam aksi tawuran di Johar Baru. Selain menutup akses tawuran, pemerintah juga mulai memperketat penjagaan wilayah.

"Penjagaan terutama di malam libur. Setiap malam selalu ada kegiatan cipta kondisi oleh tiga pilar (TNI, Polri, Pemerintah Daerah) dan ormas keliling membubarkan kerumunan dan hal-hal yang mencurigakan terjadinya tawuran," katanya.

Upaya itu disebut Nurhelmi mampu meredam tawuran di kawasan dekat Jembatan Kota Paris. Sampai bulan ramadan hari ini, berlum terjadi tawuran.

"Semoga kondusif terus Johar Baru ke depannya," katanya.

Diketahui, Jembatan Kota Paris menjadi akses tawuran di Jogar Baru. Karena itu, warga sekitar jembatan inginkan jembatan tersebut dibongkar.

Namun, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma merencanakan untuk membuat taman di jembatan tersebut. Taman itu disebut sebagai 'Jembatan Persatuan'. Taman itu akan menghalangi akses jembatan.

(aik/dnu)