Imbas Kerumunan, Ini Lokasi Jalan di Tanah Abang yang Ditutup

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 12:01 WIB
Jakarta -

Kerumunan yang terjadi di Pasar Tanah Abang akhir pekan lalu memicu ditutupnya sejumlah jalan demi mencegah kejadian serupa terulang. Jalan Tanah Abang ditutup sejak Senin pagi tadi.

Sejak Sabtu (1/5) kemarin hingga Minggu (2/5) sore Pasar Tanah Abang dipadati warga yang hendak berbelanja jelang momen lebaran mendatang. Pemprov DKI menilai pengunjung yang datang ke Pasar Tanah Abang pada Sabtu kemarin jumlahnya hampir 200 persen dari kapasitas.

"Kasus yang kemarin hari Sabtu saja sudah hampir 200 persen dari kapasitas Pasar Tanah Abang," kata Sekda DKI Marullah Matali dalam sambutan apel pengamanan Pasar Tanah Abang di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/2).

Lokasi yang Ditutup

Jalan Tanah Abang ditutup mulai Senin (3/5) sejak pukul 07.00 WIB hingga 15.00 WIB. Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan penutupan di Jalan Kebon Jati tepatnya di depan blok G pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom di pertigaan Jalan Kebon Jati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (3/5) pukul 11.00 WIB, dua mobil Dishub DKI berada di sana menutup jalan.

Dua Mobil Dishub dikerahkan menutup Jl Kebon Jati Tanah Abang JakpusDua Mobil Dishub dikerahkan menutup Jl Kebon Jati Tanah Abang Jakpus Foto: Kadek/detikcom

Pengendara dari arah Jalan KS Tubun yang hendak menuju Jalan Kebon Jati dialihkan lurus terus ke Jalan Jati Baru Raya. Setelahnya pengendara bisa putar balik di bawah jembatan untuk menuju jalan Kebon Jati.

Jalan Tanah Abang ditutup dengan penjagaan dari petugas TNI dan satpol PP di luar area pasar. Dishub juga menempatkan dua tenda tempat pengawasan.

Penjagaan di Stasiun Tanah Abang

Selain jalan Tanah Abang ditutup, sejumlah aparat dari TNI-Polri hingga Satpol PP juga menjaga Stasiun Tanah Abang Jakarta Pusat. Penjagaan dilakukan untuk mencegah kerumunan calon penumpang KRL di area stasiun terulang.

Pantauan detikcom, Senin (3/5/2021), di Stasiun Tanah Abang, aparat keamanan berjaga di seluruh sisi, mulai pintu masuk hingga area dalam stasiun. Mereka mengingatkan terus kepada calon penumpang KRL untuk tidak membuat kerumunan.

Seperti diketahui, KRL mulai hari ini tidak akan menaikkan dan turunkan penumpang di Stasiun Tanah Abang mulai pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB. Hal itu diungkap oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.

"Mulai hari Senin 3 Mei 2021 Stasiun Tanah Abang tidak melayani pengguna keluar/masuk stasiun pada pukul 15.00-19.00," kata Syafrin melalui pesan singkat, Minggu (2/5).

(izt/imk)