Pengunjung Sempat Membeludak, Begini Kondisi Pasar Tanah Abang Pagi Ini

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 10:30 WIB
Kondisi Pasar Tanah Abang, Jakpus pagi in.
Kondisi Pasar Tanah Abang, Jakpus, pagi ini. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Pengunjung Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, sempat membeludak selama dua hari terakhir. Pagi ini kondisi Pasar Tanah Abang masih dikunjungi sejumlah warga, tapi tak padat akhir pekan kemarin.

Pantauan di pasar Tanah Abang Blok A dan B pukul 09.20 WIB, Senin (3/5/2021), situasi di lokasi tampak sejumlah pengunjung berbelanja. Warga masih berbagi ruang dan tidak saling berdesakan.

Terlihat satu-dua petugas Satpol PP berkeliling memantau situasi di dalam area pasar. Para pengunjung didominasi ibu-ibu yang berbelanja pakaian untuk Lebaran.

"Iya belanja aja buat Lebaran. Beli baju ini buat anak minta baju," kata salah seorang pengunjung, Sumirah, saat ditemui di lokasi.

Kondisi Pasar Tanah Abang, Jakpus pagi in.Kondisi Pasar Tanah Abang, Jakpus, pagi ini. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)

Warga juga tampak berbelanja di luar gedung yang masih satu area dengan Pusat Grosir Tanah Abang. Situasi di lobi depan pintu masuk Blok B ramai lantaran ada pedagang yang mengobral dagangan.

Di luar area Pusat Grosir Tanah Abang, terlihat petugas Satpol PP dan personel TNI berjaga. Di sana juga ada dua tenda berwarna oranye tempat posko pengawasan.

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan penutupan di Jalan Kebon Jati atau tepat di depan Blok G Pasar Tanah Abang. Kendaraan dari arah KS Tubun yang hendak menuju Jalan Kebon Jati dialihkan lurus menuju Jalan Jati Baru Raya. Arus lalu lintas di sepanjang Jalan Jati Baru Raya padat kendaraan. Sementara arus lalu lintas di jalan Kebon Jati lancar.

Sebelumnya, kerumunan terjadi di Pasar Tanah Abang Jelang Lebaran. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kerumunan itu tak terduga.

Membeludaknya Pasar Tanah Abang diketahui sejak Sabtu (1/5) kemarin hingga Minggu (2/5) sore. Pemprov DKI menilai pengunjung yang datang ke Pasar Tanah Abang pada Sabtu kemarin jumlahnya hampir 200 persen dari kapasitas.

"Kasus yang kemarin hari Sabtu saja sudah hampir 200 persen dari kapasitas dari Pasar Tanah Abang," kata Sekda DKI Marullah Matali dalam sambutan apel pengamanan Pasar Tanah Abang di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/2).

Anies sendiri menuturkan, per sore kemarin, diperkirakan jumlah pengunjung Pasar Tanah Abang mencapai 100 ribu orang. Anies pun membuat skema penutupan Pasar Tanah Abang. Jam tutup Pasar Tanah Abang akan dibagi dua sesi.

"Sabtu kemarin terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang pada hari 2 sebelumnya sekitar 35 ribu kemarin melonjak menjadi 87 ribu dan hari ini data sementara diperkirakan sekitar 100 ribu pengunjung," kata Anies.

Simak juga video 'Aparat Berjaga, Pasar Tanah Abang Tak Seramai Kemarin':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)