TNI-Polri-Satpol PP Cek Lokasi Kerumunan Konser Musik di Pasar Minggu

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 11:06 WIB
Jakarta -

Sebuah video yang menampilkan kerumunan konser musik tanpa menerapkan protokol kesehatan di Cibis Park, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. TNI, Polri, serta Satpol PP DKI pun menyambangi lokasi tersebut pagi ini.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (3/5/2021), personel TNI, Polri, dan Satpol PP tampak berkumpul di lokasi yang diduga sebagai tempat konser musik tersebut. Tampak Kasatpol PP Jaksel Ujang, Camat Pasar Minggu Arief Wibowo, hingga Lurah Cilandak Timur Sunardi meninjau lokasi.

Ujang mengungkapkan bahwa penyelenggara konser musik itu mengajukan izin kepada pihak pengelola untuk mengadakan bazar dan lomba marawis. Dia menyayangkan pihak pengelola tidak selektif sehingga kerumunan itu terjadi.

"Kita masih panggil penyelenggara event di sini. Kepada pihak Cibis sih izinnya bazar. Dan ada lomba marawisnya. Tentunya kita berharap ke depannya bagi yang punya tempat pihak manajemen untuk lebih selektif lagi, karena ini zaman pandemi. Apalagi di bulan puasa seperti ini yang berbau kerumunan, apalagi ada hiburan yang tentunya belum diperbolehkan, kita harapkan jangan dilaksanakan," ujar Ujang saat ditemui di Cibis Park.

Untuk waktu kejadian, Ujang mengaku belum tahu pasti kapan konser musik itu berlangsung. Yang pasti, kata dia, pihaknya sudah mengantongi bukti sehingga penyelenggara tidak bisa berbohong.

"Ya, nanti kita belum.... Pasnya kapan. Karena dia harus jujur. Kalau nggak, kita udah punya bukti-bukti," tukasnya.

Ujang memastikan pihak penyelenggara akan dikenakan sanksi. Saat ini, pihak penyelenggara sedang bergerak menuju Cibis Park.

"Oh, tentu (diberi sanksi). Pihak penyelenggara. Lagi menuju kemari," tutup Ujang.

Tidak lama berselang, Kapolres Jaksel Kombes Azis Andriansyah tiba di lokasi. Azis belum mau berkomentar.

"Saya baru datang," kata Azis.

Danramil 03/Pasar Minggu Mayor Arm Nawang juga sudah berada di lokasi. Mereka pun kemudian bersama-sama masuk ke gedung pengelola untuk melakukan pembahasan lebih lanjut.

Sebelumnya, rekaman video menampilkan adanya konser musik tanpa menerapkan protokol kesehatan viral di media sosial. Konser musik yang mendapat perhatian publik ini disorot Satgas COVID-19.

"Hal ini menjadi bahan evaluasi untuk Satgas COVID-19 Daerah untuk lebih bertindak antisipatif tidak hanya reaktif. Mohon kepada penyelenggara acara agar tidak menyelenggarakan acara yang jelas-jelas tidak mampu dikendalikan protokol kesehatannya. Penyelenggara akan dimintai pertanggungjawaban publik atas kegiatan yang membahayakan kesehatan masyarakat," Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito saat dihubungi, Senin (3/5).

Seperti dilihat detikcom, para pemain band di konser musik itu tampak tidak mengenakan masker. Dalam video itu, terlihat sejumlah penonton memadati lokasi.

Para penonton terlihat tak menjaga jarak dan tidak mengenakan masker. Dalam keterangan video yang diunggah, lokasi konser itu berada di Cibis Park.

(mae/mae)