Tak Ingin Ada Korban Sipil, Kapolda Papua Minta Warga Jauhi KKB

Aufa Saiman - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 15:18 WIB
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua
Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Timika -

Aparat gabungan dari TNI-Polri terus mengejar kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang kini dicap sebagai teroris. Kapolda Papua Irjen Mathius D Fahiri menyebut akan menindak tegas anggota KKB.

"Iya kami masih terus melakukan pengejaran dan melakukan penutupan beberapa akses lintasan mereka, intinya kami Polda Papua terus melakukan pengejaran dengan pola Tegas Terukur, " Kata Mathius ditemui di Hotel Horison Hasanuddin, Timika, Minggu (2/5/2021).

Mathius menyebut Polri telah mengidentifikasi enam kelompok KKB yang aktif di Intan Jaya, Ilangga, dan Nduga. Dia berharap, saat terjadi kontak tembak dengan KKB, tidak ada korban dari warga sipil.

Karena itu, pihaknya sedang mendekati masyarakat untuk menjauhi KKB sehingga masyarakat tetap aman dan tidak menjadi korban kontak tembak.

"Selain pengejaran, kami juga lakukan pendekatan, agar masyarakat bisa memisahkan diri dengan KKB, sehingga tidak ada korban saat ada penindakan, " Tambah Kapolda.

Sementara itu, untuk mem-backup personel polres dan polsek di wilayah rawan, pihaknya telah mengirim personel tambahan untuk penegakan hukum terhadap KKB.

Simak juga 'Mahfud Md: 92 Persen Rakyat Papua Pro-Republik Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)