Kapolda Papua Rapat Tertutup dengan Bupati-Bupati, Apa yang Dibahas?

Saiman - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 13:31 WIB
Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri melakukan pertemuan tertutup dengan para bupati pegunungan di Timika, Papua. Salah satu yang hadir ialah Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni (Saiman/detikcom)
Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri melakukan pertemuan tertutup dengan para bupati pegunungan di Timika, Papua (Saiman/detikcom)
Timika -

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri melakukan pertemuan tertutup dengan para bupati pegunungan di Timika, Papua. Apa yang dibahas?

Kapolda Papua tiba di Timika dari Jakarta pukul 09.15 WIT dan langsung menuju Hotel Horison untuk langsung melakukan pertemuan bersama para bupati.

Pertemuan tertutup itu diyakini membahas permasalahan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, yang saat ini telah diubah statusnya menjadi kelompok teroris.

Pantauan di lapangan, belum semua bupati mengikuti pertemuan. Namun salah satu yang hadir ialah Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri melakukan pertemuan tertutup dengan para bupati pegunungan di Timika, Papua. Salah satu yang hadir ialah Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni (Saiman/detikcom)Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni (Saiman/detikcom)

Natalis Tabuni saat ditemui detikcom seusai pertemuan dengan Kapolda Papua tidak menjelaskan secara rinci pembahasan dalam pertemuan tersebut. Namun dia mengatakan ada arahan untuk melakukan pendekatan kekeluargaan, pendekatan persuasif, kepada kelompok-kelompok yang selalu membuat kacau di Intan Jaya, terutama kelompok Sabinus Waker.

"Intinya ada arahan Bapak Kapolda untuk melakukan pendekatan-pendekatan secara kekeluargaan kepada kelompok-kelompok di Intan Jaya, khususnya kelompok Sabinus Waker," kata Natalis Tabuni saat ditemui detikcom di lobi Hotel Horison Hasanuddin, Sabtu (1/5/2021).

Ditanya soal situasi di Intan Jaya, Natalis Tabuni mengatakan situasi di wilayah yang dipimpinnya saat ini sudah kondusif. Aktivitas warga dan layanan pemerintahan berjalan normal.

"Puji Tuhan, sudah satu bulan lebih ini situasi aman, kondusif," katanya.

Sementara itu, belum ada pernyataan resmi Kapolda Papua terkait pertemuan yang digelar dengan para bupati di Timika hari ini.

Lihat juga Video: Mahfud Md: 92 Persen Rakyat Papua Pro-Republik Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)