Terpopuler Sepekan

Penangkapan Munarman dan Geger Temuan Mother of Satan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 09:57 WIB
Tiba di Polda Metro Munarman Ditutup Matanya
Tiba di Polda Metro, Munarman Ditutup Matanya (Yogi/detikcom)

Temuan Bahan Peladak Mother of Satan di Eks Markas PFI

Polisi langsung menggeledah eks Markas FPI di Petamburan Jakarta Pusat, Selasa (27/4/2021), pukul 17.00 WIB seusai penangkapan Munarman. Beberapa barang bukti diamankan oleh polisi, seperti atribut ormas terlarang, dokumen, dan bahan peledak triacetone triperoxide (TATP).

"Kemudian beberapa tabung yang isinya adalah serbuk yang dimasukkan di dalam botol-botol yang serbuk tersebut mengandung nitrat yang sangat tinggi, jenis aseton dan itu juga akan didalami penyidik," katanya.

"Dan ada beberapa botol plastik yang berisi TATP. Ini merupakan aseton yang digunakan untuk bahan peledak, yang mirip dengan yang ditemukan di Condet dan Bekasi beberapa waktu lalu. Ini akan didalami oleh Puslabfor tentang isi dari kandungan cairan tersebut," katanya.

Berdasarkan jurnal Science Direct, TATP disebut juga sebagai Mother of Satan. TATP jadi salah satu bahan peledak yang paling umum digunakan oleh kelompok teroris dan kriminal. Bahan kimia itu mudah disintesis dengan reagen yang dijual bebas. Selain itu, sulit untuk dideteksi karena tidak mengandung nitrogen.

Bahan-bahan ini juga sering ditemukan jadi barang bukti tindak pidana terorisme. Salah satunya saat penggeledahan jaringan JAD di Bekasi pada Mei 2019, dan merupakan bahan bom gereja di Surabaya pada 2018.

Penggeledahan di Petamburan III terkait MunarmanPenggeledahan di Petamburan III Terkait Munarman (Karin Nur Secha/detikcom)

Bantahan Eks FPI dan Jawaban Polri

Kuasa hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar, membantah bahan cairan yang diamankan di eks Markas FPI ialah TATP. Menurutnya, barang bukti yang diamankan polisi tak lebih dari pembersih WC.

"Itu bahan pembersih WC infonya, untuk program bersih bersih WC masjid," kata Aziz saat dimintai konfirmasi, Selasa (27/4).