TNI AD Jelaskan Alasan Mobil Dinas Baru Pakai Warna Berbeda

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 19:32 WIB
Kendaraan dinas TNI AD
Kendaraan dinas TNI AD (dok. YouTube TNI AD)
Jakarta -

TNI AD membuat pengadaan kendaraan dinas baru untuk seluruh jajarannya. Tahap pertama ini ada lebih dari 500 kendaraan baik mobil, motor, ambulans, mobil K-9, hingga bus yang dikeluarkan pada 2021.

Tidak hanya kondisi fisiknya yang baru, tampilan kendaraan kali ini pun terlihat berbeda. Apa yang berbeda?

Perbedaan barunya adalah warna kendaraan TNI AD. Warna kendaraan saat ini berwarna kecokelatan dibandingkan sebelumnya yang berwarna hijau. Font pada pelat mobilnya juga berubah. Kini font menggunakan jenis Monsterad dan tidak bold.

Kapuspalad Mayjen TNI Sigid W mengatakan warna tersebut merupakan warna terbaru yang dibuat khusus. Sigid mengatakan warna dan font yang terbaru ini ditentukan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Ini warna terbaru untuk warna kendaraan angkatan darat, catnya pun belum ada di pasaran, jadi cat khusus, font-nya Monsterad, ukurannya sudah ditentukan tidak boleh di-bold. Jadi standar, jadi semua nomor kendaraan Angkatan Darat menggunakan font Monsterad. Yang menentukan Bapak KSAD semua, dari warna sampai nomor, semuanya Bapak KSAD," kata Sigid dalam siaran kanal YouTube TNI AD, Sabtu (1/5/2021).

Kendaraan dinas TNI ADKendaraan dinas TNI AD (dok. YouTube TNI AD)

Penyerahan mobil dinas kendaraan itu dilakukan langsung oleh Andika. Ada 547 kendaraan dinas kepada prajurit TNI Angkatan Darat (AD). Sebanyak 309 unit di antaranya adalah mobil dinas.

"Kami di sini di Markas Besar pasti memikirkan semuanya, berusaha yang terbaik untuk menyiapkan apa yang mungkin begitu lama yang tak pernah ada. Ini baru tahun 2020, tahun 2021 lebih banyak dari 2020," kata Andika.

"Saya hanya titip kalau ini tahun ini mobilnya 309 unit, kemudian sisanya motor. Sehingga semuanya 547, tahun depan lebih banyak. Tetapi memang itulah yang bisa kita lakukan. Saya yakin ini pengadaan terbesar dalam sejarah kita, maksudnya dalam satu kali pengadaan," lanjutnya.

Jenis mobil yang diberikan kepada prajurit modelnya beragam. Seperti Mitsubishi Pajero, Mitsubishi Expander, hingga Toyota Land Cruiser. Andika juga menjelaskan bahwa cat kendaraan juga jenis terbaru.

"Cat baru itu adalah untuk pengadaan mobil motor yang baru, dan itu tanggung jawab kami. Tapi juga bukan sesuatu yang kemudian nanti memaksa satuan bawah untuk ngecat, kan masing-masing sudah ada kendaraan di sana, kan masing-masing sudah ada kendaraan di sana nanti untuk tekanan untuk mengecat seperti ini nggak ada, dan nggak boleh," kata dia.

(eva/hri)