Ponpes di Enrekang Kebakaran, Asrama Putri-Rumah Hangus Terbakar

Hermawan Mappiwali - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 19:26 WIB
Ponpes di Enrekang, Sulsel, kebakaran diduga akibat arus pendek listrik (dok Istimewa)
Ponpes di Enrekang, Sulsel, kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik. (dok. Istimewa)
Enrekang -

Kebakaran menghanguskan sebuah asrama putri dan sejumlah rumah pendamping santri di pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel). Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Kebakaran menghanguskan tiga unit bangunan semipermanen yang terbuat dari bahan kayu," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan dalam keterangannya pada Sabtu (1/5/2021).

Kebakaran tersebut terjadi di Ponpes Umar bin Abdul Azis Wahdah Islamiyah, wilayah Lingkungan Rumbo, Kelurahan Tomenawa, Kecamatan Baraka, Enrekang, sekitar pukul 15.30 Wita tadi. Saat kebakaran terjadi, asrama putri sedang kosong.

"Asrama putri saat itu sementara kosong atau tidak ada aktivitas sejak masa pandemi COVID-19," jelas Zulpan.

Laporan dari tempat kejadian menyebut api pertama kali terlihat oleh seorang warga bernama Haeruddin (28) yang saat kejadian berada di masjid. Saat melihat kepulan asap dari arah asrama, Haeruddin lalu memberi tahu Ustaz Syamsir (45), salah seorang pendamping santri.

"Saat dilihat api sudah membesar dan menjalar dan melahap asrama putri hingga saksi I dan saksi II (Haeruddin dan Ustadz Syamsir) berlari meninggalkan rumahnya yang kebetulan tepat bersambung dengan asrama putri," kata Zulpan.

Warga setempat membantu memadamkan api. Namun kebakaran yang telanjur membesar membuat warga dan petugas pemadam kebakaran yang terjun ke lokasi tak dapat berbuat banyak.

Selain bangunan asrama putri, kebakaran menghanguskan dua unit sepeda motor dan bangunan rumah milik Ustaz Syamsir dan sebuah rumah milik Ustaz pendamping santri lainnya. Hal ini terjadi karena posisi kedua rumah dekat dengan bangunan asrama putri.

"Total kerugian ditaksir sekitar Rp 200 juta, " sebut Zulpan.

Disinggung soal penyebab kebakaran, Zulpan menyebut percikan api diduga berasa dari hubungan pendek arus listrik alias korsleting di asrama putri.

"Penyebab kebakaran diperkirakan akibat adanya hubungan pendek arus listrik dikarenakan pada saat kejadian sumber api berawal dari asrama putri yang pada saat itu sementara kosong," katanya.

(hmw/jbr)