Berkerumun, 30 Mahasiswa Diamankan di Demo Buruh di Patung Kuda

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 17:17 WIB
Jakarta -

Polisi mengamankan 30 mahasiswa di demo May Day di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Puluhan mahasiswa itu diamankan karena membuat kerumunan.

"Kurang lebih 30 (mahasiswa). Kami sudah berkali-kali tadi menyampaikan imbauan untuk menjaga protokol kesehatan, menjaga jarak, tapi tidak dilaksanakan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5/2021).

Hengki menyebut puluhan mahasiswa itu dibawa ke Polda Metro Jaya untuk didata. Puluhan mahasiswa itu akan dipulangkan seusai demo.

"Untuk kepentingan yang lebih luas, berdasarkan keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi. Maka terpaksa kami pisahkan, namun setelah acara ini selesai akan kami gabungkan lagi," ungkap Hengki.

Hengki menambahkan, pihaknya punya pertimbangan terkait puluhan mahasiswa yang diamankan tersebut. Menurutnya, langkah itu harus diambil untuk menegakkan aturan protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah.

"Kami di sini mengamankan sekaligus melayani para masyarakat atau elemen yang melaksanakan penyampaian pendapat di hari buruh ini. Tetapi kami juga harus melindungi masyarakat dari protokol kesehatan, menjaga agar tidak menjadi kerumunan, menjadi klaster terbaru," ujar Hengki.

"Langkah diskresi kami, dengan berpatokan pada bahwa keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi. Terpaksa kami pisahkan, sudah kami imbau berkali-kali, mereka tidak bisa menjaga jarak," sambungnya.

Sebelumnya, polisi juga mengamankan 15 mahasiswa Papua di depan Kedubes Amerika Serikat, Jl Medan Merdeka Selatan. Belasan mahasiswa itu diamankan karena tidak memiliki izin pemberitahuan untuk melakukan aksi massa.

Selain itu, 22 anarko diamankan polisi. Puluhan orang tersebut diamankan saat mencoba menyusup di rombongan buruh yang melaksankan aksi di kantor ILO di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

(ygs/mea)