Polisi Amankan 15 Mahasiswa Papua di Demo Hari Buruh di Jakarta

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 15:31 WIB
Gedung Mapolda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengamankan belasan mahasiswa asal Papua di demo Hari Buruh di Jakarta Pusat. Belasan mahasiswa tersebut diamankan karena tidak memiliki izin demo.

"Iya, diamankan 15 orang ke Polda Metro. Mereka mau unjuk rasa tanpa surat izin pemberitahuan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi detikcom, Sabtu (1/5/2021).

Belasan mahasiswa ini diamankan saat melintas di depan kantor Kedubes Amerika Serikat, Jl Medan Merdeka Selatan, siang tadi. Mereka kemudian dibawa ke Polda Metro Jaya.

Menurut Yusri, saat diperiksa petugas di lokasi, para mahasiswa Papua tersebut tidak bisa menunjukkan izin pemberitahuan aksi.

Yusri menyebut 15 mahasiswa tersebut tidak membawa benda-benda mencurigakan saat diperiksa petugas. Karena itu, 15 mahasiswa tersebut kini telah dipulangkan.

"Sudah kita pulangkan sekarang. Kita tadi hanya melakukan pendataan saja," ujar Yusri.

Aksi May Day 2021 di Jakarta diketahui terpusat di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Ribuan buruh dari sejumlah serikat pekerja turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasi.

Massa buruh demo dengan sejumlah tuntutan. Salah satunya menuntut pembatalan UU Cipta Kerja, yang dinilai merugikan kaum pekerja.

(ygs/mea)