Cerita Penumpang Kapal di Pelabuhan Merak Bingung Pakai Alat Tes GeNose

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 14:47 WIB
Jakarta -

Sejumlah calon penumpang kapal di Pelabuhan Merak, Banten, kebingungan saat melakukan tes cepat COVID-19 menggunakan GeNose. Alhasil, mereka meniup plastik GeNose secara asal tidak sesuai dengan aturan.

Pantauan detikcom di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (1/5/2021), pukul 13.34 WIB, di pintu keberangkatan terlihat para penumpang wajib melakukan tes virus COVID-19. Di lokasi disediakan tes swab antigen dengan biaya Rp 150 ribu per orang dan tes GeNose Rp 40 ribu per orang.

Mereka yang mendaftar tes GeNose terlihat kebingungan. Mereka terlihat sibuk mengutak-atik plastik GeNose karena tidak tahu bagaimana cara pakainya. Di lokasi tidak ada petugas yang memandu atau menginformasikan cara penggunaan GeNose. Para penumpang terlihat bertanya satu sama lain.

Salah seorang penumpang bernama Nining (25) mengaku kebingungan karena tidak tahu bagaimana cara menggunakan GeNose. Nining mengatakan tidak ada penjelasan apa pun setelah dirinya diberi plastik GeNose.

"Bingung sih kalau nggak dikasih tahu. Jadi dari situnya cuma dikasih (plastik GeNose) aja, udah, suruh bayar Rp 40 ribu, dikasih kembalian, udah deh dapat ini. Nggak (dijelaskan) kalau nggak nanya," kata Nining saat ditemui di lokasi.

Penumpang lainnya bernama Pionah (55) juga merasa kebingungan. Dia sempat bertanya cara menggunakan GeNose kepada orang lain.

"Ya tadi bingung, orang nggak tahu, tadi dibilangin orang (ditiup)," ujarnya.

Selanjutnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2