Suasana Tol Cikampek-Jalur Tikus Jakarta Arah Jabar Jelang Larangan Mudik

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 14:45 WIB
Jalur tol cikampek dan jalan arteri
GT Cikampek Utama 2 (Farih/detikcom)
Jakarta -

Polisi bakal melakukan penyekatan di sejumlah titik menyusul aturan larangan mudik Lebaran yang berlaku pada 6-17 Mei. Penyekatan bukan hanya terjadi di jalan tol, tapi juga jalan arteri yang kerap digunakan sebagai jalan tikus untuk menghindari petugas.

Pada Jumat (30/4/2021), detikcom menyusuri jalur mudik dari Jakarta mengarah ke Jawa Barat (Jabar). Jalan yang dilewati adalah jalur tol dan jalur arteri yang kerap dilewati sebagai jalan tikus para pemudik untuk menghindari penyekatan kendaraan.

Penelusuran diawali dari Jakarta melalui jalur tol Cikampek. Di sini arus lalu lintas masih terpantau lancar.

Jalur tol cikampek dan jalan arteriGate Tol Cikarang Barat 2 (Farih/detikcom)

Tak ada antrean kendaraan di sejumlah gerbang tol (GT) seperti GT Cikarang Utama, GT Cikarang Barat, GT Karawang Barat, dan GT Cikampek Utama. Posko-posko penyekatan sepanjang jalan tol pun belum terlihat berdiri, sehingga belum ada pengendalian atau penyekatan kendaraan di sini.

Selepas GT Cikampek Utama, detikcom memutar balik ke arah Jakarta untuk melihat jalan arteri yang kerap digunakan sebagai jalur tikus para pengendara. Titik utama yang kerap dilewati pengendara adalah Jembatan Siphon Cibeet, Kabupaten Karawang.

Jembatan ini berada di perbatasan antara Kabupaten Karawang dengan Bekasi. Jika ditelusuri, jalan ini hanya sekitar satu jam menuju Jalan Raya Kalimalang Bekasi.

Jalur tol cikampek dan jalan arteriJembatan Siphon Cibeet, Kabupaten Karawang (Farih/detikcom)

Terpantau di lokasi, banyak kendaraan roda dua dan roda empat melintas berpelat nomor B. Di sepanjang jalan arteri ini juga belum terlihat ada posko penyekatan kendaraan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebut pihaknya telah memetakan 31 titik penyekatan kendaraan pada larangan mudik Lebaran tahun ini. Termasuk jalur Jembatan Cibeet ini menjadi salah satu yang nantinya akan disekat.

"31 titik, 14 penyekatan dan 17 checkpoint. (Jembatan Cibeet) udah termasuk (jalur tikus yang disekat)," kata Sambodo saat dihubungi.

Lihat juga video 'Jelang Larangan Mudik, GT Cikampek Utama Terpantau Lengang':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/eva)