detikcom Do Your Magic

Girder JPO Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung Telah Terpasang

Afzal Nur Iman - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 14:38 WIB
Girder untuk lantai JPO Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung.
Girder untuk lantai JPO flyover tapal kuda Lenteng Agung (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Girder atau penyangga yang dipakai untuk menjadi dasar lantai jembatan penyeberangan orang (JPO) di flyover tapal kuda di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, telah terpasang. Kini pekerja terlihat sedang mengerjakan fondasi di atas girder tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi pada Jumat (30/4/2021) pukul 13.50 WIB, para pekerja berada di atas girder beton JPO tersebut. Mereka memasang besi yang menjadi fondasi dasar JPO.

Para pekerja memakai helm pengaman dan rompi proyek. Mereka juga dilengkapi dengan tali pengaman yang dapat menahan tubuhnya ketika terjatuh.

Diketahui girder tersebut mulai dipasang pada Kamis (29/4) malam. Ada rambu peringatan yang terpasang di beberapa titik, bahwa akan ada pemasangan girder pada pukul 22.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB dini hari tadi.

Girder yang baru dipasang merupakan yang berada di atas Jl Lenteng Agung dari arah Pasar Minggu menuju Depok. Sedangkan untuk arah sebelumnya sudah terlebih dulu terpasang.

Konstruksi tangga untuk menaiki JPO di arah Pasar Minggu juga sudah dibuat meski belum rapi. Namun untuk di arah sebaliknya belum terpasang, bahkan untuk tiang penyangga masih terlihat ada besi-besi yang mengelilinginya seperti pekerjaan yang belum selesai.

Pekerja proyek menaiki JPO tersebut dengan tangga sementara yang dibuat di samping kaki JPO tersebut. Kebanyakan pekerja memang terlihat tengah berada di sisi timur JPO atau di atas jalan menuju Depok.

Seperti diketahui kemacetan kerap terjadi di sekitar flyover pada jam-jam sibuk. Dikatakan bahwa macet terjadi karena Jl Lenteng Agung Raya ini menyempit (bottleneck) lantaran sebagian badan jalan termakan flyover tapal kuda Lenteng Agung.

"Nanti setelah selesai konstruksi kaki JPO, saya rasa kemacetan bakal berkurang," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho, Kamis (8/4) lalu.

JPO itu sendiri ditargetkan kelar pada akhir bulan Mei. Sedangkan flyover sudah mulai digunakan pengendara meski belum ada peresmian.

"Akhir bulan Mei 2021," ucap Hari Nugroho kepada detikcom.

(aik/aik)