Respons Polri soal Habib Hanif Curigai Drone Wira-wiri Saat HRS Sembunyi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 08:45 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyampaikan pelaku bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar ada 2 orang. Para pelaku sempat dicegah memasuki Gereja
Irjen Argo Yuwono (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Salah satu terdakwa dalam kasus Habib Rizieq, Habib Hanif Alatas, mengungkap adanya drone yang disebut mondar-mandir ketika Habib Rizieq bersembunyi di kediamannya di Sentul, Bogor. Polri menyebut pernyataan Habib Hanif merupakan ranah persidangan.

"Biarkan sidang berjalan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dihubungi, Kamis (29/4/2021).

Argo enggan menanggapi benar atau tidaknya pernyataan Hanif Alatas. Menurutnya, itu merupakan ranah persidangan.

"Masih dalam ranah persidangan," ucapnya.

Seperti diketahui, keberadaan Habib Rizieq Shihab sempat menjadi tanda tanya selepas keluar dari RS Ummi Bogor pada November 2020. Belakangan, kala itu Rizieq diketahui berada di kediamannya yang lain di daerah Sentul, Bogor.

Saat itu sempat pula terjadi aksi demonstrasi oleh sekelompok orang yang mengaku dari Forum Rakyat Pajajaran Bersatu. Koordinator dari kelompok itu, Ahmad Suhadi, lantas didudukkan sebagai saksi dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) pada Rabu, 28 April 2021.

Dalam sidang itu, menantu Habib Rizieq, Habib Hanif Alatas, yang juga sebagai terdakwa, mencecar Suhadi perihal aksi demonya itu. Sebab, menurut Hanif, kediaman Rizieq di Sentul itu tidak diketahui siapa pun.

"Dari mana Anda tahu rumah Habib Rizieq di situ karena rumah Habib Rizieq yang terkenal di Petamburan dan Megamendung? Keluarga pun nggak tahu ada rumah di Sentul. Selain anak-istri, nggak tahu ada rumah di Sentul. Dari mana Anda tahu rumah Habib Rizieq di situ?" tanya Hanif kepada Suhadi dalam sidang itu.

"Kami dapat informasi," jawab Suhadi.

Hanif merasa curiga karena Suhadi mengaku tinggal di Parung, yang notabene cukup jauh dari Sentul. Namun Suhadi mengaku lupa dari mana mendapatkan informasi mengenai lokasi keberadaan Habib Rizieq itu.

"Pemberitaan saja kami dengar tapi di situ. Kami duga milik anak-mantunya Habib Rizieq. Ketika kabur dari rumah sakit, kita duga di situ," ucap Suhadi.

"Yang kasih info siapa?" cecar Hanif lagi.

"Saya lupa," jawab Suhadi.

"Sebelum Saudara demo, hari Seninnya di rumah Sentul itu ada drone muter-muter. Ini aneh, Seninnya ada yang demo, padahal nggak ada yang tahu di situ rumah Habib Rizieq," papar Hanif kemudian.

(maa/idn)