Kebutuhan 12 Kapal Selam untuk Jaga Laut Indonesia Terhambat Anggaran

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 08:33 WIB
Dua kapal selam KRI Ardadedali-404 (depan) dan KRI Alugoro-405 (belakang) bersandar di Dermaga Faslabuh Selat Lampa Pangkalan TNI AL Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (6/4/2021). Panglima TNI meresmikan sekaligus mengukuhkan Komandan KRI Alugoro-405 yang akan dioperasikan di jajaran Komando Armada (Koarmada) II dan meresmikan Stasiun Bantu kapal selam serta melakukan peletakan batu pertama pembangunan markas Guspurla Koarmada I di wilayah Natuna. ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/wsj.
Foto: Kapal Selam Indonesia (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)
Jakarta -

TNI AL sempat mengungkap hanya memiliki 4 kapal selam meski sebenarnya dibutuhkan 12 kapal selam untuk menjaga perairan Indonesia. Komisi I DPR RI pun mengungkap kendala yang selama ini terjadi terkait pengadaan alutsista.

Awalnya, anggota Komisi I DPR F-PDIP, TB Hasanuddin mengungkap Kementerian Pertahanan sebetulnya sudah memiliki rencana untuk memperbanyak alutsista kapal selam. Kemenhan, kata dia, akan menambah 4 kapal selam lagi hingga rencana dan strategi (resntra) 2024.

"Jadi begini ,kalau sampai dengan renstra 2024 target kita ini harus sudah 8 kapal selam, 8 itu termasuk Nanggala dan Cakra ya. Kemudian 5 thaun ke depan lagi harus selesai 4, jadi 12 begitu ya," kata TB Hasanuddin, saat dihubungi, Kami (29/4/2021).

"Sudah direncanakan, sudah ada 3 renstra, itu 8 itu dalam tahap minimum essential force sampai 2024, kan sekarang sudah ada 4, ya 4 lagi lah bisa," lanjutnya.

TB Hasanuddin menyebut memang selama ini ada kendala terkait pengadaan alutsista oleh Kementerian Pertahanan sehingga hanya ada 4 kapal selam di Indonesia. Menurutnya kendala yang paling mendasar yakni terkait anggaran.

"Ya pertama itu uang ya, kedua tentu proses pembuatan, apa lagi kita sedang bertahap memproduksi kapal selam produk dalam negeri bekerja sama dengan Korsel. Terlepas dari apapun itu, kita harus mulai begitu, dan nanti perkembangan teknologinya itu disesuaikan, begitu," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video 'Kapal Selam Hilang, Prabowo Sorot Modernisasi Alutsista 3 Matra TNI':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2