Round-Up

4 Fakta Baru Geger Alat Tes Antigen Bekas di Bandara Kualanamu

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 07:35 WIB

Alat Tes Didaur Ulang Pakai Alkohol

Kapolda Sumut Irjen Panca Putra mewawancarai beberapa tersangka lainnya soal peran masing-masing. Salah satu tersangka lalu menjelaskan tata cara mereka mendaur ulang alat tes antigen tersebut.

"Caranya itu yang macam cotton buds yang kami bilang brush itu kita bersihkan dengan alkohol 75 persen. Itu kita bersihkan dengan cara tisunya kita basahin dengan alkohol, terus dilap pada kapasnya," kata salah satu tersangka, SR, saat press release di Mapolda Sumut.

Proses itu dilakukan di laboratorium Kimia Farma di Jalan Kartini, Medan. Setelah bersih dan dikemas kembali, barang itu dia bawa ke Bandara Kualanamu.

"Tugas saya dalam hal ini, tugas saya membawa alat antigen yang didaur ulang sama yang membersihkan. Iya (dari bandara ke lab Kimia Farma. Terus, usai dibersihkan, dibawa kembali ke bandara)," ujar SR.

SR mengaku mendaur ulang brush (stik) itu bersama tersangka lainnya. Dia mengaku hal itu dilakukan atas perintah PM selaku pimpinannya.

"PM (yang menyuruh)," ujar SR.

Sejak 4 Bulan Lalu

Penggunaan alat tes antigen bekas ini bukan baru sekali atau dua kali dilakukan. Ternyata praktik ini sudah berlangsung 4 bulan.

"Kegiatan ini atau daur ulang stik alat swab ini sudah dilakukan oleh pelaku sejak Desember 2020," kata Irjen Panca Putra.

Halaman

(imk/imk)