Viral Pemudik Tertahan di Terminal Kalideres, Begini Faktanya

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 22:12 WIB
Viral Pemudik Tertahan di Terminal Kalideres
Viral Pemudik Tertahan di Terminal Kalideres (Tangkapan Layar)
Jakarta -

Sebuah video memuat sejumlah warga yang ketahuan mudik tertahan di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, viral. Dalam video itu, dinarasikan para warga tersebut akan dibawa ke Polsek Kalideres untuk dimintai keterangan.

Dalam video itu, disebutkan para penumpang ini ditahan dan dilarang pulang ke kampung halamannya. Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen membantah narasi tersebut.

"Jadi begini Polda Metro Jaya kan lagi menertibkan travel pelat hitam yang liar itu. Nah, penumpang ini mau ke kampung tuh, jadi habis kena dari polisi dibawa ke sini diantarkan. Katanya ditahan kan di video padahal nggak," kata Revi saat dihubungi detikcom, Kamis (29/4/2021).

Menurut Revi, total ada 9 penumpang yang berada di Terminal Kalideres pagi tadi. Dia menyebut para penumpang tersebut diantar polisi dan tiba di Terminal Kalideres pada pukul 07.30 WIB.

Adapun tujuan para pemudik itu rata-rata menuju Lampung. Revi mengatakan kesembilan penumpang tersebut tidak ditahan, melainkan menunggu waktu keberangkatan bus menuju Lampung yang berangkat pukul 17.00 WIB.

"Jadi penumpang tersebut nunggu sampai jam 5 sore, bukan ditahan ya. Mereka nunggu keberangkatan busnya yang adanya cuman pas sore," ujar Revi. Selain itu, Revi menyebut 9 penumpang tersebut telah menjalani tes kesehatan di stasiun sebagai salah satu syarat pengetatan mudik. Dia menyebut semua penumpang itu telah dinyatakan bebas dari COVID-19.

"Tadi sudah kita tes genose dan negatif semua. Tadi sudah berangkat semua jam 5 sore," sebut Revi.

Lebih lanjut Revi membantah para penumpang tersebut diperlakukan tidak baik di Terminal Kalideres. Dia menyebut tidak ada persekusi yang diterima penumpang tersebut seperti yang tertera di video viral.

"Baik-baik aja, nggak ada itu. Semuanya sudah berangkat semua kok," terang Revi.

Dalam video viral tersebut, terlihat para pemudik memang nampak duduk di bangku Terminal Kalideres. Sejumlah warga datang dan mencoba mendokumentasikan para pemudik tersebut.

Perekam video berujar, para pemudik itu ditahan dan telah dilarang untuk kembali pulang ke kampung halamannya.

"Situasi di Terminal Kalideres, penumpang yang ketahuan naik travel dibawa ke polsek dan tidak dipulangkan ke kampung," kata perekam video.

"Nggak usah dipulangkan, mati aja dia di sini," timpal salah satu warga di lokasi.

Lihat juga video 'Kapolda Metro Pelototi Jalur Tikus Pemudik Colongan di Bekasi':

[Gambas:Video 20detik]

(ygs/mei)