Lumba-lumba Terperangkap Masuk ke Empang Warga di Maros Sulsel

M Bakrie - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 17:34 WIB
Lumba-lumba terperangkap di empang warga di Maros, Sulsel (Bakrie/detikcom).
Lumba-lumba terperangkap di empang warga di Maros, Sulsel. (Bakrie/detikcom)
Maros -

Seekor lumba-lumba dengan panjang 2 meter terperangkap masuk ke salah satu empang warga di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel). Padahal empang warga tersebut berjarak 5 kilometer dengan laut.

Pemilik tambak, Abdul Haris, mengaku kaget saat mengetahui ada lumba-lumba yang masuk ke empangya di Desa Marannu, Kecamatan Lau, Maros, Sulawesi Selatan, pada Kamis (29/04/2021). Awalnya Haris tidak menyangka jika sosok yang berenang di empangnya merupakan lumba-lumba.

"Saya hanya melihat di televisi. Kaget karena kok bisa masuk ke sini padahal laut jauh dari sini sekitar 5 kilometer," katanya.

Mamalia itu masuk ke empang dengan cara melompat dari aliran sungai yang berada di samping empang. Saat itu kondisi air sungai memang sedang pasang.

"Ya tidak mungkin lewat jalur air karena kan ada papan tinggi. Pasti lompat masuk ke dalam. Tadi kan memang airnya pasang," lanjutnya.

Sebelum menemukan ada seekor lumba-lumba terdampar, warga melihat ada puluhan ekor kawanan lumba-lumba berenang di muara sungai itu saat malam hari.

"Baru pertama terjadi ini begini. Makanya banyak warga datang melihat ke sini setelah lihat di media sosial. Semalam memang ada warga lihat puluhan itu di muara," sebutnya.

Penemuan lumba-lumba ini telah dilaporkan ke tim animal rescue Pemadam Kebakaran Maros. Namun karena kondisi air sungai yang surut dan banyaknya bakau, proses evakuasinya ditunda sampai besok pagi.

"Iya kondisinya banyak luka karena mungkin tersangkut akar bakau. Airnya sekarang sudah surut makanya kita tunda evakuasinya. Kami juga sudah sampaikan ke pihak BKSDA," Kata tim Damkar Maros, Muh Ikhwan.

(nvl/nvl)