Surat Al Qadr dan Peristiwa Turunnya Al Quran pada Malam Lailatul Qadar

Kristina - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 16:47 WIB
Ilustrasi membaca al quran
Surat Al Qadr, Peristiwa Turunnya Al Quran pada Malam Lailatul Qadar (Foto: Getty Images/iStockphoto/.shock)
Jakarta -

Surat Al Qadr merupakan surat ke-97 dalam Al Quran. Surat ini menerangkan tentang malam kemuliaan atau Lailatul Qadar.

Surat ini terdiri dari 5 ayat dan tergolong surat Makkiyah. Berikut bacaannya:

إِنَّآ أَنزَلْنَٰهُ فِى لَيْلَةِ ٱلْقَدْرِ

1. Artinya:" Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan"

وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ

2. Artinya: "Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?"

لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ

3. Artinya:" Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan."

تَنَزَّلُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ

4. Artinya:" Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan."

سَلَٰمٌ هِىَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ ٱلْفَجْرِ

5. Artinya:" Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."

Tentang Lailatul Qadar

Beberapa ulama tafsir mengatakan surat Al Qadr menerangkan tentang peristiwa pada malam kemuliaan. Ibnu Katsir menerangkan, dalam surat ini Allah SWT menceritakan bahwa Dia menurunkan Al Quran di malam Lailatul Qadar, yaitu malam yang penuh dengan keberkahan.

Malam keberkahan ini juga disebutkan dalam Q.S Ad-Dukhan ayat 3 sebagai berikut,

إِنَّآ أَنزَلْنَٰهُ فِى لَيْلَةٍ مُّبَٰرَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ

Artinya:"sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan."

Malam Lailatul Qadar terdapat di bulan keberkahan, yakni bulan Ramadhan. Hal ini juga diperkuat dengan firman-Nya pada penggalan Q.S Al-Baqarah ayat 185,

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ

Artinya:" (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran...."

Menurut tafsir Kemenag, dalam ayat 2 Surat Al Qadr Allah SWT menjelaskan tentang keutamaan Lailatul Qadar yang tidak diketahui para ulama maupun ilmuan. Bahkan Nabi pun tidak sanggup menentukan kebesaran dan keutamaan malam itu. Hanya Allah SW yang mengetahui segala yang tidak diketahui oleh hamba-Nya.

Dalam ayat 3, Allah SWT menerangkan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang memancarkan cahaya hidayah yang diturunkan untuk kebahagiaan manusia. Malam ini lebih utama dari seribu bulan. Menjalankan ibadah pada malam ini memiliki keutamaan diantaranya mendapatkan kemuliaan dan ganjaran yang lebih baik.

Ayat selanjutnya Allah SWT menjelaskan keistimewaan yang terdapat dalam malam ini. Di mana para malaikat bersama Jibril akan turun dari alam malaikat untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT. Turunnya malaikat ke bumi atas izin Allah dan sudah menjadi rahasia-Nya.

Diriwayatkan dalam HR Abu Dawud, Ibnu 'Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang Lailatul Qadar: Lailatul Qadar adalah malam yang tenang dan cerah, tidak panas dan tidak dingin, serta matahari pada pagi harinya berwarna merah terang." (HR. Abu Dawud)

(erd/erd)