Mukjizat Lailatul Qadar

5 Keutamaan Malam lailatul Qadar, Salah Satunya Diampuni Dosa Masa Lampau

Niken Widya Yunita - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 06:50 WIB
One Day One Hadits Dua ucapan yang disukai Allah
5 Keutamaan Malam Lailatul Qadar (Foto: Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Ada satu malam di Bulan Ramadhan yang sangat dinantikan kedatangannya, yakni malam Lailatul Qadar. Dijelaskan dalam Al Quran surat Al Qadr ayat 1-5, malam Lailatul Qadar memiliki sejumlah keistimewaan.

Ustaz Adi Hidayat dalam serial kultum di YouTube Channelnya yang bertajuk 'Rahasia Lailatul Qadr' menjelaskan keutamaan atau keistimewaan malam Lailatul Qadar berdasarkan surat Al Qadr. Pertama di malam Lailatul Qadar, malam yang penuh kemuliaan inilah Al Quran. Beribadah di malam Lailatul Qadar, pahalanya sama dengan seribu bulan.

"Kalau dikonversi dalam hitungan kita setidaknya (seribu bulan) ada 83 tahun. Jadi nilai satu malam itu kurang lebih 83 tahun. (Coba) Anda bayangkan," kata Ustaz Adi Hidayat.

Kedua, banyak pahala yang didapat kalau kita mendapatkan malam Lailatul Qadar. Ustaz Adi Hidayat mencontohkan jika seorang muslim sholat, maka sholatnya senilai 83 tahun. Jika membaca Al Quran, meski satu huruf misalnya Nun, lalu dia tertidur karena mengantuk, orang itu berarti membaca nun 83 tahun tanpa henti.
Ketiga, diampuni dosa yang sudah lampau. Saat orang tobat pada malam Lailatul Qadar digugurkan oleh Allah dosa-dosanya, sehingga dosanya menjadi nol. Kemudian dia membaca laa ilaaha illallaah.

"Dosanya kosong, punya amalan laailaaha illallaah senilai 83 tahun. Kemudian dia wafat sesuai ajalnya. Betapa indahnya di ujung wafatnya dan itu hanya didapatkan satu kali di malam Ramadhan," kata ustaz berumur 35 tahun ini.


Keempat, semua malaikat turun ke bumi, bahkan Jibril ikut turun. Malaikat Jibril tugasnya menyampaikan wahyu pada Nabi Muhammad. Nabi Muhammad wafat, selesai tugas Jibril menurunkan wahyunya.

Tapi malaikat Jibril setahun sekali turun ke bumi karena keagungan Al Quran, keagungan malam Al Quran itu. Malaikat Jibril turun ke bumi menyapa hamba-hamba yang beribadah.

Kelima, malam yang tenang. Hal ini karena saking banyaknya malaikat yang turun, lanjut Ustaz Adi Hidayat, para ulama tafsir menyebutkan bumi seakan-akan sesak oleh para malaikat. Sehingga suara bising jadi redup, angin-angin jadi berhenti, sehingga suasana alam jadi teduh dan nikmat. Peristiwa itu hanya akan terjadi hingga fajar tiba.

Lalu apa korelasi peran Al Quran dengan Lailatul Qadar? Ustaz Adi mengatakan, Allah tidak akan menyempurnakan ikhtiarmu sebelum kamu berusaha. Ikhtiar butuh petunjuk, dalam butuh petunjuk itulah korelasi Al Quran diturunkan.

"Ketika Anda membutuhkan petunjuk untuk mengisi alur kehidupan, nggak ada sumbernya selain di sini (Al Quran). Ini yang menjadikan Al Quran punya nilai besar. Jadi ini yang mau saya sampaikan mengapa malam Al Qadar begitu penting, terkait dengan peran Al Quran karena ada korelasi peran sebagai bimbingan " ucap Ustaz Adi Hidayat.

(nwy/erd)