Amien Rais Deklarasikan Partai Ummat, PAN: Ahlan Wa Sahlan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 15:21 WIB
Juru Debat BPN Viva Yoga.
Waketum PAN Viva Yoga (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta -

Amien Rais mendeklarasikan Partai Ummat hari ini. Partai Amanat Nasional (PAN) mengucapkan selamat datang untuk Partai Ummat.

"PAN mengucapkan selamat datang, ahlan wa sahlan kepada Partai Ummat yang resmi dideklarasikan," kata Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Kamis (29/4/2021).

Amien Rais sebelumnya merupakan pendiri dan eks Ketum PAN, yang kini menjadi Ketua Majelis Syuro Partai Ummat. PAN menyambut baik kehadiran Partai Ummat di belantika politik nasional.

"PAN merasa senang hati ada partai politik baru yang didirikan. Harapannya semoga dapat meningkatkan kualitas pelembagaan demokrasi di Indonesia. Praktik demokrasi dapat berjalan dengan baik dan memberikan kontribusi bagi tujuan pembangunan nasional tergantung dari keberadaan partai politiknya," ujar Viva.

Jubir PAN ini menyebut PAN tidak terganggu dan tidak risau akan berdirinya Partai Ummat. Sebab, menurut Viva, ideologi politik PAN berbeda dengan Partai Ummat.

"Pertama, ideologi politik PAN dan Partai Ummat berbeda. PAN berideologi nasionalis religius, sedangkan Partai Ummat berideologi Islam. Perbedaan ideologi politik partai akan menyebabkan keberbedaan basis sosial di masyarakat. Basis konstituen tentu berbeda," ucapnya.

Viva Yoga menegaskan kader PAN kompak di seluruh daerah. Tak ada kader PAN baik legislatif dan eksekutif yang menyatakan keluar dan bergabung Partai Ummat.

"Kedua, kader dan pengurus PAN dari pusat sampai daerah tetap solid, kompak, berkomitmen, dan militan sebagai pejuang partai. Tidak ada anggota legislatif dan eksekutif PAN yang menyatakan keluar dari PAN. Karena kader PAN itu rasional dan berakal sehat sehingga mereka secara obyektif dapat menilai dengan benar tentang masa depan politiknya," sebut Viva.

"Jika ada mantan anggota PAN yang terlibat di Partai Umat, jumlahnya hanya sedikit saja, non signifikan. PAN sampai saat ini terus menggalang konsolidasi organisasi sampai ke tingkat desa, membantu masyarakat dalam memberantas pandemi COVID-19, menyelenggarakan perkaderan dan melaksanakan program pemenangan pemilu," imbuhnya.

Simak susunan lengkap Partai Ummat di halaman berikut

Selanjutnya
Halaman
1 2