detikcom Do Your Magic

Jl Tegar Beriman Bogor Rawan Kecelakaan, Warga Harap Ada Perbaikan

Afzal Nur Iman - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 13:53 WIB
Jl Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor berlubang, padahal jalan tersebut dekat dengan Kantor Pemkab Bogor.
Salah satu lubang di Jl Tegar Beriman yang membahayakan. (Afzal Nur Iman/detikcom).
Kabupaten Bogor -

Masyarakat berharap Jl Tegar Beriman, Bojong Gede, Kabupaten Bogor, segera diperbaiki. Jalan tersebut dikatakan rawan kecelakaan.

"Iya rusak banget itu, ini di sini kecelakaan mulu, udah lama," kata Mulyati yang tinggal tepat di depan salah satu titik lubang yang cukup parah, Kamis (29/4/2021).

Jalan yang rusak berada di seberang SPBU Bambu Kuning. Banyak lubang yang cukup luas dan dalam, baik di jalur cepat maupun jalur lambat.

"Ya harapannya dibenerin, biar bagus, biar nggak ada kecelakaan lagi," katanya.

Jalan tersebut memang rawan kecelakaan. Bahkan kemarin malam, ketika hujan deras ada salah satu pemotor yang jatuh di jalan tersebut. Lubang jalan tertutup genangan sehingga tidak terlihat ketika ada hujan.

Sementara itu, seorang pedagang keliling, Sanusi, bercerita Jl Tegar Beriman semakin rawan saat hujan. Lubang-lubang di jalan tersamarkan oleh genangan air.

"Kalau hujan kan tergenang air nggak kelihatan, orang kan kenceng aja, perasaannya kan air nggak taunya lubang," kata Sanusi yang sehari-hari berdagang di pinggir jalan.

Sanusi sempat menyaksikan para pengendara sepeda motor terjatuh. Demi mengurangi kecelakaan, warga sekitar menguruk lubang dengan batu dan tanah seadanya.

"Sudah lama, cuma kan, sama masyarakat diuruk lagi, sama saya, entar lama-lama berlubang lagi, entar pada ditambal lagi sama security, berlubang lagi, ini udah lama juga," lanjutnya.

Sanusi sering melihat kendaraan oleng usai melewati lubang. Dia khawatir pemotor tersebut mengalami kecelakaan.

"Paling yang ini mah oleng, tapi kan oleng juga bahaya, bila di belakangnya ada mobil kan," jelasnya.

Dia berharap pemerintah setempat memperhatikan jalan tersebut. Dia takut kecelakaan akan berulang kembali.

"Ya dari Pemda (Kab. Bogor) seharusnya dikontrol lah jangan sampai ada kecelakaan, kalau sampai ada kecelakaan kan bahaya," harapnya.

Didi Danang, pemotor yang sering lewat jalan tersebut, juga khawatir akan jalan rusak yang ada di sana. Memang pemotor bisa menghindari lubang tersebut tapi manuver sembarangan juga berbahaya.

"Karena kan itu takutnya bisa kecelakaan juga, pas orang lagi menghindar terus dia oleng, jatuh juga bisa," katanya saat di lokasi.

"Nah supaya nggak terjadi kecelakaan diperbaiki secepatnya," katanya.

(aik/aik)