Masih Isoman, Ketum Jakmania Absen Pemeriksaan soal Kerumunan di HI

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 10:24 WIB
Persija Jakarta dan Persib Bandung bertanding di laga pekan kedelapan Liga 1 2019. Pertandingan yang dihelat di SUGBK itu dipadati The Jakmania.
Foto Ilustrasi Jakmania (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya kini tengah mengusut kasus kerumunan Jakmania di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Hari ini Ketua Umum (Ketum) Jakmania dan Presiden Persija Jakarta akan diperiksa polisi.

Dikonfirmasi pemanggilan hari ini, Ketum Jakmania Diky Soemarno mengaku berhalangan hadir. Dia menyebut masih harus menjalani isolasi mandiri.

"Saya masih harus isolasi mandiri," kata Diky saat dihubungi, Rabu (28/4/2021).

Meski begitu, Diky mengaku tetap akan kooperatif terhadap proses hukum yang tengah berjalan saat ini. Dia menyebut hari ini pihaknya akan diwakili oleh Sekertaris Umum Jakmania.

"Hari ini saya diwakili oleh Sekum dan Ketua 1 saya," ucapnya.

Sebelumnya, Diky Soemarno mem-posting foto dirinya sedang menjalani perawatan karena COVID-19, lewat akun Instagram-nya.

"Dear all My love. Terima kasih banyak atas segala doa, support dan ucapan pada kesehatan saya agar selalu membaik. Saat ini saya sudah melewati masa-masa gak asik covid, insyallah saya segera segar kembali, semangat lagi dan bergairah lagi. Terima kasih atas seluruh keluarga besar @infokomjakmania dan @persija atas segala dukungan yang tiada kira. Hari ini saya sudah melewati fase gak enak, dan saya yakin, Persija juga pasti bisa berjuang bahkan jauh lebih gila dari perjuangan saya melawan covid ini. Dan saya yakin, Macan akan kembali menggaum di negeri ini. Sejak malam ini lagi, dan selamanya. Jaya Raya Persija Selamanya. Yok Juara Yok! Nikmati pesta bola kita. Bawa santai aja. Nonton di rumah dan jangan lupa, Persija harus juara. Yok ah!"

"Maaf utk semua sahabat yg gak bisa dibales satu persatu. 7 hari di ICU bikin kemeng juga shay 😔," demikian posting-an Diky di akun IG pribadinya 6 hari yang lalu.


Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pemanggilan Ketum Jakmania dan Presiden Persija Jakarta akan berlangsung pada Rabu (28/4) pagi besok mulai pukul 10.00 WIB. Keduanya masih dipanggil dengan status sebagai saksi.

"Hari Rabu nanti Ketua Jakmania akan kita panggil, kita jadwalkan besok hadir. Kemudian satu lagi Presiden Persija kita undang untuk klarifikasi besok pagi bisa hadir ke Krimum Polda Metro Jaya," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (27/4/2021).

Menurut Yusri, dalam pemanggilan besok, pihaknya akan menggali indikasi adanya ajakan yang telah direncanakan sehingga terjadinya kerumunan ribuan Jakmania di Bundaran HI tersebut.

"Kita ingin tahu sekarang, tim penyidik berusaha tahu apakah memang ini terorganisir untuk kumpul ini, karena sudah melanggar protokol kesehatan," sebut Yusri.

Konvoi ribuan Jakmania yang membuat kerumunan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, pada Minggu (25/4) malam diketahui imbas keberhasilan Persija Jakarta menjuarai turnamen Piala Menpora. Persija diketahui berhasil mengalahkan Persib Bandung di partai final yang digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.

Polda Metro Jaya sempat mengamankan 65 suporter Jakmania. Namun usai dilakukan pemeriksaan, pada Senin (26/4) seluruh anggota Jakmania tersebut telah dipulangkan.

Lihat Video: Satgas Komentari Kerumunan Jakmania di HI yang Langgar Prokes

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)