UAS Ajak Patungan Beli Kapal Selam, Berapa Harga Pasarannya?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 04:47 WIB
Kapal selam Triomphant Class
Foto: Kapal selam Triomphant Class (Sea Forces)
Jakarta -

Ustaz Abdul Somad (UAS) membuat gerakan untuk mengajak masyarakat patungan membeli kapal selam sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi pertahanan negara. Kira-kira, berapa dana yang dibutuhkan untuk membeli kapal selam?

Berdasarkan risalah lelang kapal selam tahun 2011 diketahui bahwa lelang terbatas pengadaan kapal selam dimulai sejak tahun 2010 di Markas Besar Angkatan Laut. TNI Angkatan Laut mengundang penawaran dari empat Negara yaitu Marine Force International (Inggris), Rossoboronexport (Rusia), DCNS (Perancis) dan Daewoo Shipbuilding Marine Engineering (Korea Selatan).

Dari evaluasi yang diadakan oleh Panitia Pengadaan di Kementerian Pertahanan pada tanggal 28 Juni 2011, Korea Selatan dinyatakan sebagai pemenang lelang pengadaan Kapal selam. Korsel menawarkan tiga unit kapal selam dengan harga termurah yaitu USD 1.079.999.000 atau setara dengan Rp 15 triliun. Artinya, per kapal seharga Rp 5 triliun.

Namun, ada juga kapal selam buatan Prancis yang disebut Triomphant Class. Triomphant Class terdiri dari 4 jenis. Kapal selam pertama bernama sama, Le Triomphant, diluncurkan tahun 1994 dan telah bertugas sejak 1997. Sedangkan versi terbaru dinamakan Le Terrible, bertugas di lautan sejak 20 September 2010 dan juga paling mahal harganya.

Le Terrible ini biaya pembuatannya ditaksir mencapai 3,1 miliar Euro atau sekitar Rp 54 triliun.

Lihat juga Video: Warga Yogya Doa Bersama Lintas Agama untuk Kru KRI Nanggala-402

[Gambas:Video 20detik]