Sungai Meluap, Fondasi Jembatan Penghubung 2 Kecamatan di Sukabumi Rusak

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 23:32 WIB
Petugas gabungan memasang garis polisi di jembatan yang rusak di Sukabumi, Jawa Barat (Dok BPBD Kabupaten Sukabumi)
Petugas gabungan memasang garis polisi di jembatan yang rusak di Sukabumi, Jawa Barat. (Dok. BPBD Kabupaten Sukabumi)
Sukabumi -

Fondasi jembatan yang menghubungkan Kecamatan Cidahu dan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, rusak. Kerusakan itu disebabkan oleh meluapnya aliran Sungai Cicuwol.

Kerusakan itu terjadi pada Selasa (27/4/2021), pukul 19.00 WIB. Akibat kejadian tersebut, sejumlah kendaraan roda empat terpaksa harus putar balik.

Sementara itu, pengendara sepeda motor masih bisa melintas, namun harus ekstrahati-hati karena kondisi fondasi yang rentan akibat tergerus derasnya aliran sungai.

"Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Cidahu dari pukul 17.30 WIB menyebabkan aliran Sungai Cicuwol meluap. Posisi jembatan merupakan jalur utama Kecamatan Cidahu menuju Cicurug," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani kepada detikcom.

Pasca-kejadian itu, BPBD berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memasang garis polisi di lokasi jembatan yang mengalami kerusakan.

"Mobil kecil sama sekali tidak bisa melintas, hanya bisa dilalui motor saja. Mencegah terjadinya bahaya saat ini di lokasi tersebut sudah dipasangi garis polisi. Kami mengimbau masyarakat Cidahu yang mau ke arah Cicurug harap lewat Babakan Jaya atau Babakanpari Tangkil karena kondisi jembatan rusak," papar Anita.

Saat ini petugas BPBD bersama aparat Muspika setempat, Polsek dan Personel TNI masih berada di lokasi untuk melakukan asesmen. "Sementara kami mencari solusi agar jembatan ini bisa kembali dilintasi. Penanganan-penanganan awal masih kita lakukan," pungkas dia.

(sya/isa)