Antisipasi Penolakan, Vaksinasi Lansia di Empang Sumbawa Dijaga Polisi

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 21:09 WIB
Polda NTB
Foto: dok. Polda NTB
Jakarta -

Polres Sumbawa melalui Polsek Sektor Empang mengawal pelaksanaan vaksinasi bagi lansia di wilayah Kecamatan Empang. Vaksin COVID-19 diberikan langsung oleh petugas dari Puskesmas Kecamatan Empang di Kantor Desa Pemanto, Kecamatan Empang.

Kapolsek Empang AKP Sarjan mengatakan tujuan dari pengamanan kegiatan vaksinasi lansia yaitu untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat agar tidak perlu takut saat menerima suntik vaksin tersebut.

"Hal ini dilaksanakan juga dalam rangka mengantisipasi apabila ada penolakan, sehingga pelaksanaan kegiatan pemberian vaksin COVID-19 tersebut dapat berjalan aman dan kondusif," ujar Sarjan dalam keterangan tertulis, Selasa (27/4/2021).

Polda NTBPolda NTB Foto: dok. Polda NTB

Lebih lanjut dia menjelaskan tidak semua lansia penerima vaksin dapat langsung divaksin. Hal ini karena sebelumnya peserta harus melaksanakan serangkaian prosedur, mulai dari pendaftaran, tahap screening dan selanjutnya vaksinasi bagi yang telah memenuhi syarat. Kemudian, lanjutnya, akan dilakukan observasi selama 30 menit. Apabila tidak ada keluhan maka bisa melanjutkan aktivitas masing-masing.

"Yang telah terdaftar sebagai penerima vaksin khususnya di desa Pemanto ini sebanyak 171 orang, dan hari ini yang telah divaksin sebanyak 50 orang dan yang belum di vaksin sebanyak 121 orang, Alhamdulillah hari ini berjalan aman dan lancar," terangnya.

Sarjan menambahkan selama ini program kampung sehat NTB berlangsung sangat efektif. Program ini dinilai dapat memulihkan kondisi serta membangkitkan semangat masyarakat untuk memperbaiki pola hidup sehat dengan menerapkan protokol kesehatan. Terbukti dengan peningkatan keinginan masyarakat untuk hidup normal kembali yang ditunjukkan dengan keinginan untuk segera mendapat vaksinasi.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB
(prf/ega)