detikcom Do Your Magic

Dishub DKI Buka Kemungkinan Pasang Pembatas Jalan Permanen Jl Moh Kahfi I

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 19:18 WIB
Barier atau pembatas jalan di Jl Moh Kahfi I, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 1 April 2021. (Afzal NI/deticom)
Barier atau pembatas jalan dari plastik di Jl Moh Kahfi I, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 1 April 2021. (Afzal NI/detikcom)
Jakarta -

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta ingin menjauhkan putar balik di Jl Moh Kahfi I ke arah Pasar Timbul supaya kemacetan akibat mobil putar balik tidak terjadi menjelang Jl Brigif di Jagakarsa itu. Dishub berencana memasang pembatas jalan (median jalan) permanen dari beton.

"Ya tapi manajemen rekayasa lalu lintas, maka pembatasan dengan plastic barrier itu menjadi penting sekaligus kami melakukan penghitungan flow lalu lintas di sana seperti apa. Setelah itu, bisa saja ini ditingkatkan menjadi permanen," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (27/4/2021).

Potret Kemacetan Gegara Putar Balik Jl Moh Kahfi 1 Jagakarsa, 5 Maret 2021. (Andhika Prasetia/detikcom)Potret kemacetan gegara putar balik Jl Moh Kahfi 1 Jagakarsa, 5 Maret 2021. (Andhika Prasetia/detikcom)

Dishub menganggap putaran balik di kawasan ini sebagai biang kerok kemacetan. Oleh sebab itu, pihaknya memberlakukan rekayasa lalu lintas sebagai solusi sementara.

"Jadi Moh Kahfi itu karena ada crossing dan oleh sebab itu dilakukan rekayasa lalu lintas di sana, pasang barier sehingga tidak ada lagi yang dari arah Jalan Warung Silah-Brigif untuk crossing langsung. Nah, itu yang dilakukan sekarang," jelasnya.

Untuk saat ini, putar balik Jl Moh Kahfi I dekat Jl Warung Silah-Jl Brigif belum bisa dijauhkan sampai Pasar Timbul. Soalnya, pembatas jalan berupa barier plastik belum cukup banyak untuk menjauhkan titik putar balik sampai ke Pasar Timbul, pasar berjarak 700 meter dari lokasi putar balik saat ini.

Jl Moh Kahfi I dekat persimpangan Jl Brigif dan Jl Warung Silah, menanti tambahan barier, 7 April 2021. (Rahmat Fathan/detikcom)Jl Moh Kahfi I dekat persimpangan Jl Brigif dan Jl Warung Silah, menanti tambahan barier, 7 April 2021. (Rahmat Fathan/detikcom)

Sebelumnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan mengaku akan menambah panjang barier di Jalan Moh Kahfi I untuk mengatasi macet. Namun, karena keterbatasan anggaran, barier yang niatnya sepanjang kurang-lebih 700 meter, baru sekitar 15 meter terpasang.

"Nanti itu akan nambah lagi, pelan-pelan. Anggaran belum turun semua," ucap Asisten Ekonomi dan Pembangunan Jakarta Selatan Mukhlisin saat dihubungi, Jumat (9/4) lalu.

Menurut Mukhlisin, penyediaan barier di Jl Moh Kahfi I tidak dianggarkan dalam APBD 2021 sehingga penambahan pembatasan jalan dari simpang Jl Warung Silah ke SPBU Pasar Timbul tak bisa dipastikan waktu selesainya.

(dnu/dnu)