detikcom Do Your Magic

Terkendala Anggaran, Barier di Jl Moh Kahfi I Bakal Ditambah Perlahan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 15:19 WIB
Jl Moh Kahfi I dekat persimpangan Jl Brigif dan Jl Warung Silah, menanti tambahan barier, 7 April 2021. (Rahmat Fathan/detikcom)
Jl Moh Kahfi I dekat persimpangan Jl Brigif dan Jl Warung Silah, menanti tambahan barier, 7 April 2021. (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan mengaku akan menambah panjang barier di Jalan Moh Kahfi I, Jagakarsa, untuk mengatasi macet. Namun, karena keterbatasan anggaran, barier yang niatnya sepanjang kurang-lebih 700 meter, baru sekitar 15 meter terpasang.

"Nanti itu akan nambah lagi, pelan-pelan. Anggaran belum turun semua," ucap Asisten Ekonomi dan Pembangunan Jakarta Selatan Mukhlisin, saat dihubungi, Jumat (9/4/2021).

Menurut Mukhlisin, penyediaan barier di Jl Moh Kahfi I tidak dianggarkan dalam APBD 2021 sehingga penambahan pembatasan jalan dari simpang Jl Warung Silah ke SPBU Pasar Timbul tak bisa dipastikan waktu selesainya.

"Iya (tidak tahu target selesai) karena maklum, kita minta terus ke (Dinas) Perhubungan juga, mereka nggak urusin itu aja. Ditambah tahun lalu kan nggak ada kegiatan itu (di anggarkan), jadi sisa-sisa gudang (dipakai), tapi kita upayakan terus," katanya.

Mukhlisin menyebut pihak Kota Jakarta Selatan tetap memantau perkembangan kemacetan di Jl Moh Kahfi I. Dia berharap kemacetan bisa selesai dengan menempatkan petugas di lapangan dan menambah penyekat.

"Di lapangan tetap kita pantau dan kita koordinasi terus. Harapan biar terurai kemacetan itu. Ini belum anak sekolah masuk, kalau masuk waduh (tambah macet)," ujarnya.

Diketahui, sering terjadi kemacetan di Jl Moh Kahfi I di simpang l Moh Kahfi-Jl Brigif-Jl Warung Silah di jam sibuk di pagi dan sore hari. Pemkot berencana menambah pembatas jalan sehingga kendaraan tak berputar balik di simpang tersebut, yang akibatkan macet.

Pantuan detikcom Kamis (1/4/2021), ada 15 barier yang dipasang di Jl Moh Kahfi I simpang Jl Moh Kahfi-Jl Brigif-Jl Warung Silah. Satu barier panjangnya hanya sekitar 1 meter, sedangkan jarak antara Jl Warung Silah ke SPBU dekat Pasar Timbul adalah 700 meter.

Jadi, butuh 700 barier bila ingin benar-benar menutup celah rapat putar balik dari Jl Warung Silah sampai SPBU dekat Pasar Timbul.

(aik/tor)