Lumba-lumba yang Ditunggangi Lucinta Luna di Bali Dievakuasi

Sui Suadnyana - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 15:41 WIB
Lucinta Luna saat berkunjung ke kantor detikcom.
Lucinta Luna (Dicky Ardian/detikHOT)
Denpasar -

Direktorat Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengevakuasi tujuh ekor lumba-lumba dari penangkaran Dolphin Lodge. Evakuasi dilakukan setelah aksi Lucinta Luna menunggangi lumba-lumba di lokasi itu viral.

"Hari ini Direktorat KSDAE, Bareskrim Polri, dan Polda Bali mengevakuasi lumba-lumba milik PT Biayu Samudra Bali, yang beberapa saat lalu sempat viral ditunggangi Lucinta Luna," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Bali Sumarsono, Selasa (27/4/2021).

Pihaknya sudah beberapa kali memperingatkan dan menyetop operasi Dolphin Lodge pada 15 April 2020. Namun pihak Dolphin Lodge masih beroperasi.

"Jadi perintah Pak Dirjen untuk evakuasi lumba-lumbanya. Cuma yang bersangkutan masih diberi kesempatan untuk mengurus izin. Pak Dirjen masih memberi peringatan pertama. Walaupun peringatan, lumba-lumbanya tetap kita ambil karena izinnya tetap nggak ada, nggak legal. Itu nanti kalau nggak kita ambil, nanti diam-diam show sendiri," terangnya.

Kepala Seksi (Kasi) Konservasi Wilayah I BKSDA Bali, Sumarsono (Sui-detikcom)Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Bali Sumarsono (Sui/detikcom)

Kini, tujuh ekor lumba-lumba itu dievakuasi ke lembaga konservasi yang sudah terdapat fasilitas dan izin lengkap. Lokasi tersebut berada di Taman Benoa Eksotik.

Pihak pengelola Dolphin Lodge sempat menolak. Namun KLHK tetap mengevakuasi lumba-lumba itu.

"Tadi menolak ya, wajar nanti kita bikin berita acara penolakan. Tapi tetap dievakuasi karena sudah perintah tugas tidak bisa dihalang-halangi. Kalau keberatan silakan ke pemerintah. Kita cuma menjalankan perintah negara," ujarnya.

Aksi Lucinta Luna yang dianggap animal abuse itu terekam dalam video yang diunggah Lucinta Luna. Dalam video itu, Lucinta Luna bersama teman-temannya tampak 'menaiki' lumba-lumba yang berenang. Hal itu membuatnya seakan-akan mengendarai lumba-lumba tersebut.

Kecaman pun kemudian berdatangan. Salah satu kecaman tersebut disampaikan oleh Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Banyak orang mengira uang & ketenaran dapat membeli dan mengizinkan untuk melakukan apa saja... termasuk kedunguan dan menjadi bodoh," tulis Susi Pudjiastuti, Kamis (15/4).

Lucinta Luna telah meminta maaf. Dia juga menjelaskan awal mula peristiwa itu.

"Aku kan ke Bali itu konsepnya mau kerja, mau buat video klip. Tiba-tiba ada tempat wisata nge-DM aku, 'Kak Luna. boleh dong datang ke wisata kami, ada lumba-lumba. Kakak suka nggak sama lumba-lumba? Lumba-lumbanya lucu-lucu, orang wisata bisa berenang dan kasih makan di sini'," aku Lucinta Luna dilansir dari !nsert Pagi, Jumat (16/4).

"Aku minta maaf sebesar-besarnya sama semua pihak," sambungnya.

(haf/haf)