Polisi Panggil Ketum Jakmania-Presiden Persija karena Kerumunan di HI

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 14:31 WIB
Jakarta -

Kasus kerumunan massa Jakmania di Bundaran HI, Jakarta Pusat, terus diusut polisi. Penyidik telah menjadwalkan pemanggilan kepada Ketum Jakmania dan Presiden Persija Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pemanggilan keduanya akan berlangsung pada Rabu (28/4) besok mulai pukul 10.00 WIB. Keduanya masih dipanggil dengan status sebagai saksi.

"Hari Rabu nanti Ketua Jakmania akan kita panggil, kita jadwalkan besok hadir. Kemudian satu lagi Presiden Persija kita undang untuk klarifikasi besok pagi bisa hadir ke Krimum Polda Metro Jaya," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (27/4/2021).

Menurut Yusri, dalam pemanggilan besok, pihaknya akan menggali indikasi adanya ajakan yang telah direncanakan sehingga terjadinya kerumunan ribuan Jakmania di Bundaran HI tersebut.

"Kita ingin tahu sekarang, tim penyidik berusaha tahu apakah memang ini terorganisir untuk kumpul ini, karena sudah melanggar protokol kesehatan," sebut Yusri.

Selain itu, Yusri mengatakan hari ini pun sudah ada 4 orang yang telah diperiksa polisi terkait kerumunan Jakmania di Bundaran HI. Namun hingga kini dia belum memerinci identitas 4 orang tersebut berasal dari pihak mana saja.

Dia menyebut dari pemeriksaan 4 saksi awal ini diharapkan bisa mengerucut kepada orang yang diduga sebagai otak intelektual yang menghasut sehingga terjadinya kerumunan Jakmania di HI tersebut.

"Hari ini ada 4 yang kita lakukan pemeriksaan, klarifikasi saksi-saksi juga, masih kami dalami seperti apa. Mudah-mudahan dari sini bisa berkembang sampai kepada siapa yang menyuruh untuk sebagai aktor, untuk mengumpulkan massa massa ke sana dengan mengundang melalui media sosial," ungkap Yusri.

Konvoi ribuan Jakmania yang membuat kerumunan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, pada Minggu (25/4) malam diketahui imbas keberhasilan Persija Jakarta menjuarai turnamen Piala Menpora. Persija diketahui berhasil mengalahkan Persib Bandung di partai final yang digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.

Polda Metro Jaya sempat mengamankan 65 anggota Jakmania. Namun usai dilakukan pemeriksaan, pada Senin (26/4) seluruh anggota Jakmania tersebut telah dipulangkan.

Sementara itu, Ketua Umum Jakmania, Diky Soemarno, angkat suara atas ulah yang dilakukan anggotanya. Menurutnya, secara internal pihaknya telah mengimbau kepada seluruh anggota Jakmania untuk merayakan kemenangan Persija di rumah saja.

"Kita sudah melakukan imbauan dan arahan untuk tetap berada di rumah," kata Diky saat dihubungi detikcom, Senin (26/4/2021).

(ygs/tor)