Wagub DKI Sayangkan Kerumunan Jakmania: Banyak yang Tak Pakai Masker

Tiara Aliyah Azzahra - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 22:28 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyoroti kerumunan Jakmania di Bundaran HI, Jakarta Pusat, untuk merayakan kemenangan Persija. Riza menilai semestinya selebrasi dilakukan dengan cara yang lebih bijak.

"Tentu kami sangat prihatin dan menyesalkan. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini tidak lagi terulang di masa-masa berikutnya, sekalipun kita dalam suasa senang, bahagia, bersyukur atas kemenangan," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (26/4/2021).

"Tentu rasa syukur harus diikuti sikap yang baik, dengan cara bersyukur kepada tuhan, kemudian bisa juga diikuti dengan memberi bantuan-bantuan. Mengungkapkan rasa syukur dengan memberikan sedekah, amal zariah, dan lain-lain di masa Ramadhan ini," sambungnya.

Politikus Gerindra itu memahami betul kebahagiaan yang dirasakan Jakmania setelah kesebelasannya menjuarai turnamen Piala Menpora 2021. Namun Riza menyayangkan kegiatan itu malah menyebabkan kerumunan yang berpotensi menularkan virus COVID-19.

"Ketiga, terkait dengan kerumunan tadi malam. Tentu kami memahami, mengerti, kesenangan, kebanggaan dari pada teman-teman, adik-adik, dan warga yang ingin mengungkapkan rada syukur, kesenangan, dan kebanggaannya bahwa Persija bisa juara. Namun demikian, kami menyayangkan kegiatan itu dalam satu kesatuan warga bersama, dalam jumlah yang besar terjadi kerumunan, bahkan tidak sedikit yang tidak menggunakan masker," ujarnya.

Seperti diketahui, Jakmania berkerumun di Bundaran HI sejak Minggu (25/4) malam. Bundaran HI mulai steril dari massa Jakmania pada Senin (26/4) dini hari pukul 03.00 WIB.

Total ada 65 orang yang diamankan dari kerumunan di HI ini. Dari 65 Jakmania yang diamankan, belasan di antaranya masih berstatus anak-anak.

Polisi mengatakan kerumunan Jakmania di Bundaran HI, Jakarta Pusat, adalah sebuah aksi spontanitas. Adapun Jakmania berkumpul di Bundaran HI karena menganggap bahwa lokasi tersebut adalah ikon Persija.

"Mereka secara spontanitas dengan kemenangan Persija kemudian mereka berkumpul," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Jakarta Selatan, hari ini.

Yusri mengungkapkan, para suporter Persija itu kerap menjadikan Bundaran HI sebagai lokasi untuk merayakan kemenangan tim favoritnya.

(aud/aud)