detikcom Do Your Magic

Bina Marga DKI Akan Pasang Portal S di Trotoar Seberang Kuningan City

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 25 Apr 2021 20:32 WIB
Trotoar penyeberang jalan di Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jaksel, masih dilanggar pemotor untuk putar balik. (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Trotoar penyeberang jalan di Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jaksel, masih dilanggar pemotor untuk putar balik. (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta -

Akhirnya, Dinas Bina Marga DKI Jakarta bakal memasang portal S untuk menghalangi pesepeda motor menerobos trotoar di seberang Mal Kuningan City. Tak hanya trotoar tengah Jl Prof Dr Satrio ini saja, namun ada 11 trotoar lain yang juga bakal dipasangi portal S.

Sebagaimana diketahui, para pemotor kerap menerobos trotoar di seberang Mal Kuningan City, tengah Jl Prof Dr Satrio, bawah Jalan Layang Non Tol (JLNT). Pemotor menyalahgunakan trotoar tempat menyeberang jalan itu sebagai tempat putar balik, juga sebagai tempat ojek menunggu penumpang.

"Sehubungan dengan maraknya pelanggaran kendaraan bermotor yang melintas dan parkir pada trotoar di depan Kuningan City, Jakarta Selatan, Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta berencana akan memasang pembatas portal S sebagai alat untuk mencegah kendaraan agar tidak dapat melintasi trotoar," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho.

Trotoar penyeberangan jalan di Kuningan Jaksel masih disalahgunakan pemotor sebagai tempat putar balik, 30 Maret 2021. (Danu Damarjati/detikcom)Trotoar penyeberangan jalan di Kuningan Jaksel masih disalahgunakan pemotor sebagai tempat putar balik, 30 Maret 2021. (Danu Damarjati/detikcom)

Keterangan Hari disampaikannya lewat siaran pers tertulis via akun Instagram resmi Bina Marga DKI, diakses detikcom, Minggu (25/4/2021).

Dinas Bina Marga dan Dinas Perhubungan DKI telah melakukan survei pada trotoar seantero Jakarta pada 23 April kemarin. Hasilnya, ada 12 titik yang bakal dipasangi portal S. Meski portal S bisa menghalangi pemotor, namun portal S bakal tetap bisa dilalui pedestrian, pengguna kursi roda, dan kaum disabilitas.

Kombinasi bollard dan portal S di trotoar di Cideng, Tanah Abang, Jakpus, dipercaya paling ampuh mengatasi pemotor bandel yang menerobos trotoar. 7 April 2021. (Rahmat Fathan/detikcom)Contoh portal S di trotoar di Cideng, Tanah Abang, Jakpus. (Rahmat Fathan/detikcom)

"Kegiatan pemasangan ini akan menggandeng komunitas pejalan kaki dan komunitas penyandang disabilitas pada pelaksanaannya, dengan tujuan memaksimalkan fungsi pembatas portal S tanpa mengurangi akses dari pejalan kaki dan pengguna kursi roda," kata Hari.

Sebagaimana diberitakan detikcom Do Your Magic, ide pemasangan portal S muncul karena trotoar di kawasan strategis Jakarta Selatan itu senantiasa dilanggar pemotor, padahal Dinas Perhubungan DKI pernah menggebah para pemotor di lokasi. Portal S berbentuk seperti huruf S, ada celah di tengah portal yang bisa dilalui pejalan kaki atau pengguna kursi roda.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho.Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho. Foto: Eva/detikcom

"Pemasangan pembatas portal S ini direncanakan pada awal bulan Mei 2021 di 12 titik yang sudah ditentukan," kata Hari.

(dnu/dnu)