Terbaru Porsche, Ini Rentetan Peristiwa Mobil Terobos Busway Bikin Heboh

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 25 Apr 2021 11:02 WIB
Tangkapan layar video viral Porsche masuk busway di Gandaria
Foto: Tangkapan layar video viral Porsche masuk busway di Gandaria (Dok. Instagram)
Jakarta -

Seorang pengemudi mobil Porsche bikin heboh karena menerobos jalur khusus bus TransJakarta atau busway. Peristiwa menerobos busway itu ternyata bukan pertama kalinya terjadi di Jakarta.

Sebelum pengemudi Porsche, sejumlah orang juga pernah menerobos busway. Peristiwa itu pun sempat bikin heboh dan membuat geram warga yang menyaksikannya.

Berikut peristiwa-peristiwa penerobosan busway:

1. Mobil Dewi Persik Terobos Busway

Salah satunya insiden penerobosan mobil yang ditumpangi Dewi Persik. Peristiwa itu terjadi pada 2018.

Saat itu mobil Jaguar bernomor polisi B 1 DP milik Dewi Persik menerobos jalur khusus bus TransJakarta. Buntutnya, peristiwa itu pun dilaporkan petugas TransJakarta.

Petugas TransJakarta melaporkan insiden menerobos busway oleh mobil yang ditumpangi Dewi Persik ke polisi lantaran merasa terintimidasi oleh sopir Jaguar.

Tidak lama setelah itu, suami pedangdut Dewi Persik melaporkan balik petugas TransJakarta tersebut. Namun, kasus ini kemudian berakhir damai saat keduanya sepakat mencabut laporan.

2. Pengemudi Terobos Busway di Matraman dan Seret Polisi

Peristiwa ini juga terjadi pada 2018. Seorang pria, Tessa Granitsa Satari (34), menerobos busway di Matraman.

Tak hanya menerobos busway, pengemudi mobil Cadillac Escalade berwarna putih bernopol B-19-SNC itu juga menyeret seorang polisi hingga terluka. Peristiwa itu terjadi pada 18 Januari 2018.

Peristiwa itu bermula saat Bripda Dimas bersama seorang petugas TransJakarta bertugas mengatur lalu lintas di busway perempatan Utan Kayu, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (18/1). Kemudian, Bripda Dimas memberhentikan sebuah mobil yang melintas di busway dan meminta pengemudi menunjukkan surat-suratnya.

Namun, pengemudi tersebut malah melawan. Pengemudi justru menarik Bripda Dimas dan menyeretnya. Pelaku pun kemudian ditangkap di Hotel Crown, Taman Sari, Jakarta Barat, Senin (21/1/2018).

3. Penerobosan Busway dan Penyerempetan Polwan di Cengkareng

Penerobosan busway yang bikin heboh lainnya juga terjadi pada 2018. Tak hanya menerobos busway, RM (26), sang pengemudi mobil juga menyerempet polisi yang akan menilangnya.

Peristiwa ini terjadi pada 6 Desember 2018, pukul 13.00 WIB, di Jalan Daan Mogot, Cengkareng, Jakbar. Mobil itu sempat diberhentikan beberapa kali, tapi sopir terus tancap gas dan melarikan diri.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video 'Pengemudi Porsche Penerobos Busway Ditangkap, Ini Tampangnya':

[Gambas:Video 20detik]



Sopir juga berupaya menabrak petugas yang menghadangnya. Mobil bernomor polisi B-2363-BKX itu terus berusaha kabur menuju Kalideres.

Mobil itu terus melaju dan menabrak kendaraan lain. Seorang anggota polantas terluka karena diserempet pria tersebut. Mobil itu akhirnya diberhentikan di dekat Apartemen POINT 8, Kalideres, Jakbar. Warga yang geram lalu merusak mobil pelaku.

4. Penerobosan Busway dan Perampasan HP Polisi di Kebon Jeruk

Peristiwa penerobosan busway lainnya terjadi pada 2020. Seorang pemobil nekat merampas ponsel milik anggota lalu lintas karena tidak terima ditilang setelah menerobos busway.

Peristiwa itu bermula saat pelaku, AR (26) menerobos busway. Petugas polisi bernama Suhartono kemudian menyetop mobil bernopol B-1476-KZG tersebut. Suhartono juga menanyakan surat-surat kendaraan kepada pemobil.

Namun, pemobil itu tidak terima ditilang. Dia lantas merampas ponsel milik korban dan melarikan diri ke arah Tol Kebon Jeruk. Pelaku ditangkap polisi di Jl Raya Narogong, Rawalumbu, Bekasi, pada Selasa (11/2/2020) pagi.

5. Pengemudi Porsche Terobos Busway di Jaksel

Selanjutnya, insiden pengemudi mobil Porsche menerobos jalur khusus bus TransJakarta atau busway di jalur TransJakarta di Jl Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Dalam rekaman video viral, terlihat mobil sport tersebut berhenti di jalur busway. Hal ini mengakibatkan bus TransJakarta tidak bisa melintas di jalurnya.

Pengemudi Porsche tersebut terlihat membuka kaca, lalu menggerakkan tangannya mengarahkan sopir bus TransJakarta untuk mundur. Namun sopir bus TransJakarta bergeming.

Diduga, pengemudi Porsche itu meminta TransJakarta mundur lantaran dia hendak keluar lagi dari busway dengan bergerak mundur. Namun, karena bus TransJakarta tidak mau mundur, akhirnya Porsche itu menerabas busway sambil tancap gas.

"Jangan mau... jangan mau, Pak!" teriak perekam video.

Pada Sabtu (24/4), pengemudi mobil Porsche pun akhirnya diamankan.

(mae/dhn)