Komisi II DPR: Kebijakan e-KTP Transgender Patut Didukung

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 25 Apr 2021 08:00 WIB
Jakarta -

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mulai membantu membuatkan KTP elektronik (e-KTP/KTP-el) untuk transgender. Komisi II DPR RI menilai kebijakan membantu buat e-KTP untuk transgender ini patut didukung.

"Kebijakan Kementerian Dalam Negeri yang akan membantu pembuatan KTP-el untuk transgender, patut mendapatkan apresiasi dan dukungan. Saya berharap dengan kebijakan ini, saudara-saudara kita yang memilih transgender akan memperoleh kepastian layanan administrasi kependudukan. Sehingga mereka memiliki hak dan kewajiban penuh sebagai warga negara yang sah," kata Wakil Ketua Komisi II, Luqman Hakim kepada wartawan, Minggu (25/4/2021).

Luqman meminta Kemendagri menyusun petunjuk untuk mengurus dokumen penduduk bagi transgender. Petunjuk ini akan menjadi pedoman di seluruh Tanah Air.

"Saya berharap, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri menyusun petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pengurusan dokumen kependudukan, termasuk KTP-el bagi transgender. Juklak dan Juknis ini akan menjadi pedoman dinas kependudukan di kota/kabupaten di seluruh Indonesia," ujar Luqman.

Kemendagri juga diminta mulai menggencarkan sosialisasi kebijakan membantu buat e-KTP bagi transgender ini. Luqman menilai kebijakan ini jangan sampai kurang diterima oleh masyarakat.

"Selain itu, saya juga minta kepada Dirjen Dukcapil agar melakukan sosialisasi atas kebijakan ini kepada masyarakat luas. Jangan sampai kebijakan yang bagus ini kurang bermanfaat dilapangan akibat minimnya sosialisasi kepada masyarakat," imbuhnya.

Kemendagri sebelumnya melihat banyak transgender tanpa dokumen kependudukan. Kemendagri mulai membantu membuatkan KTP elektronik untuk transgender.

Sebagaimana keterangan pers Pusat Penerangan Kemendagri, Sabtu (24/4), langkah Kemendagri membantu pembuatan e-KTP untuk transgender disampaikan lewat rapat virtual Ditjen Dukcapil Kemendagri dengan Perkumpulan Suara Kita.

"Dukcapil seluruh Indonesia akan membantu teman-teman transgender untuk mendapatkan dokumen kependudukan. Bagi yang sudah merekam data, caranya: harus diverifikasi dengan nama asli dulu. Pendataannya tidak harus semua ke Jakarta. Di daerah masing-masing juga bisa dibantu oleh dinas dukcapil setempat. Termasuk untuk dibuatkan KTP-el sesuai dengan alamat asalnya," kata Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh.

(rfs/zap)