TransJ Minta Pengemudi Porsche Terobos Busway Ditangkap-SIM Digunting

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 08:24 WIB
Tangkapan layar video viral Porsche masuk busway di Gandaria
Tangkapan layar video viral Porsche masuk busway di Gandaria (dok. Instagram)
Jakarta -

Video pengemudi Porsche menerobos busway viral di media sosial. TransJakarta menyarankan sanksi berat agar efektif membuat pengendara mobil yang menerobos busway jera.

"Tangkap, lalu gunting SIM-nya," ujar Dirut TransJakarta Sardjono Jhony lewat pesan singkat kepada detikcom, Sabtu (24/4/2021). Sardjono menjawab pertanyaan wartawan bagaimana cara efektif agar pengemudi mobil tertib tak masuk busway.

Selain itu, ia berharap penerobos busway tidak mendapatkan SIM selama beberapa tahun. Menurutnya, sanksi-sanksi tersebut dapat membuat pelanggar kapok.

"Pastikan siapa pun (penerobos busway) tidak dapat SIM lagi selama 5 tahun. Nah, itu efektif, efek jeranya maksimum," jelas Sardjono.

Peristiwa tersebut terjadi di busway Jl Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (23/4/2021). Dalam rekaman video amatir, terlihat mobil sport tersebut berhenti di busway.

Sementara itu, di belakangnya ada bus TransJakarta. Pengemudi Porsche tersebut terlihat membuka kaca pintu, lalu menggerakkan tangannya mengarahkan sopir bus TransJakarta untuk mundur.

Pengemudi Porsche itu sepertinya hendak mundur agar bisa keluar dari busway. Namun sopir bus TransJakarta bergeming.

"Jangan mau... jangan mau, Pak!" teriak perekam video.

Kejadian ini berlangsung beberapa menit. Karena bus TransJakarta tidak mau mundur, akhirnya Porsche itu menerobos busway sambil tancap gas.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan pihaknya akan menyelidiki kejadian tersebut. Fahri menegaskan pihaknya akan menindak pengemudi Porsche itu.

"(Penindakan) baik dengan e-TLE maupun secara konvensional, karena ada beberapa ruas jalan belum ter-cover e-TLE," ujar Fahri dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (23/4/2021).

Tonton juga Video: Terobos Busway, Porsche Putih Minta Sopir TransJ Mundur

(isa/haf)