Monyet yang Lukai Bocah di Palmerah Tertangkap Usai Ditembak Bius

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 17:00 WIB
Monyet yang serng bocah Wirda di Palmerah tertangkap setelah ditembak bius. Foto screenshot video dari ibu korban Ruqoyah.
Monyet yang menyerang Wirda di Palmerah tertangkap setelah ditembak bius. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Seekor monyet diburu warga hingga aparat setelah menyerang Wirda (4) di Palmerah, Jakarta Barat. Monyet itu akhirnya tertangkap warga setelah ditembak bius.

"Iya tadi sekitar habis Jumatan (dikejar), baru rapi sih penangkapannya sekitar jam 15.00 WIB," kata ibunda Wirda, Ruqoyah, saat dimintai konfirmasi, Jumat (23/4/2021).

Ruqoyah mengatakan monyet tersebut bisa ditangkap atas kerja sama dengan masyarakat sekitar. Monyet berhasil ditangkap setelah ditembak bius menggunakan senapan warga.

"Bukan petugas (yang menangkap), itu ada orang masyarakat yang punya senapan ditembak bius," ujarnya.

Saat ini monyet tersebut masih dalam kondisi hidup. Monyet itu ditangkap masih di wilayah RW 15 Kelurahan Palmerah, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat.

"Enggak, enggak mati itu (monyet), masih hidup kok, pingsan aja nggak sadar," imbuhnya.

Ruqoyah merasa bersyukur karena monyet itu akhirnya tertangkap. Ia tidak khawatir lagi jika anaknya bermain.

"Ya alhamdulillah sih sudah tidak meresahkan, anak-anak bisa main lagi. Seneng dah," katanya.

Dimintai konfirmasi secara terpisah, Lurah Palmerah Muchammad Ilham mengatakan monyet tersebut langsung dibawa ke BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Jakarta.

"Iya sudah ketangkep tadi. Langsung dibawa ke BKSDA," kata Ilham.

Wirda diserang monyet saat bermain di gang dekat rumahnya, Kamis (22/4) kemarin. Monyet itu tiba-tiba datang dan menyerang Wirda dari belakang.

Kejadian itu terekam CCTV. Dalam rekaman CCTV, terlihat Wirda berguling-guling di jalan mencoba melepaskan diri dari cengkeraman monyet.

Tidak lama berselang, datang seorang pria menyelamatkan Wirda. Pria itu lalu melempar monyet tersebut dengan helm hingga monyet tersebut kabur.

(mei/fjp)