Zaskia Mecca Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa Masjid, Ini Kata MUI

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 12:54 WIB
zaskia adya mecca
Zaskia Adya Mecca (Widiya Wiyanti/detikHealth)

Yang paling penting saat membangunkan sahur, kata Ziyad, adalah penyampaian kalimat yang mengandung nilai edukatif. Menurutnya, inilah yang saat ini bergeser.

"Misalkan nggak perlu dengan suara teriak-teriak dan seterusnya karena ini juga bulan yang dirahmati, maka ini juga harus membawa rahmat bagi semuanya," ujar dia. Ziyad juga menyarankan membangunkan sahur dengan ajakan sahur di awal dilanjutkan lantunan Al-Qur'an.

Lebih jauh Ziyad menyebut hal-hal yang kurang baik memang harus diluruskan. Di sisi lain, Ziyad berharap hal-hal seperti ini tidak diunggah ke media sosial, cukup dengan silaturahmi.

"Saya kira itu. Jadi kalau ada yang kurang-kurang, saya kira tugas kita semua untuk meluruskannya. Mbak Zaskia tadi bisa menyampaikan, meluruskan kepada masjid setempat. Termasuk juga saya setuju kalau ada keluhan-keluhan semacam ini tidak perlu di-publish di medsos. Nanti justru akan mengganggu suasana. Karena kita juga paham mungkin di tempat yang lain ada agama A minoritas, agama B mayoritas juga mengalami hal yang sama ketika ada event-event hari keagamaan," kata Ziyad.

Ziyad mengatakan titik kekuatan bangsa ini adalah saling menghargai, saling menghormati, dan saling tenggang perasaan. Majelis Ulama Indonesia, kata Ziyad, sebagaimana tausiah Ramadhan-nya, mengajak memperbanyak doa agar Allah SWT segera mengangkat pandemi COVID-19. MUI juga mengajak menumbuhkan sikap solidaritas, saling menghargai, saling bertoleransi dan menumbuhkan etos semangat berbagi.

Halaman

(gbr/hri)