Round-Up

Penyelamatan Awak KRI Nanggala-402 Berkejaran dengan Waktu

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 03:31 WIB
Kapal selam RI dikabarkan hilang kontak di perairan utara Bali. Kapal selam yang hilang itu adalah kapal selam TNI AL KRI Nanggala-402. Seperti apa potretnya?
Ini Potret Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak di Bali (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.)
Jakarta -

Kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di Perairan Utara Pulau Bali belum juga ditemukan sampai saat ini. Kondisi seluruh awak kapal pun belum diketahui.

Seperti diketahui ada 53 awak kapal yang berada di KRI Nanggala-402. Proses penyelamatan awal kapal itu berkejaran dengan waktu, sebab ketersediaan oksigen dalam kapal hanya 72 jam terhitung sejak kondisi mati listrik (black out).

"Kemampuan oksigen KRI jika dalam kondisi yang diperkirakan black out seperti sekarang ini, mampu 72 jam. Kurang-lebih 3 hari," kata Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam jumpa pers di Lanud Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis (22/4/2021).

Diketahui, kapal selam tersebut hilang kontak pada Rabu (21/4) sekitar pukul 3.46 dini hari. Jika dihitung, maka diperkirakan oksigen akan habis pada Sabtu (24/4) sekitar pukul 03.00 dini hari.

Yudo berharap KRI Nanggala-402 ditemukan sebelum Sabtu (24/4), sehingga masih ada oksigen tersedia di dalam kapal selam tersebut.

"Mudah-mudahan ini dapat segera ditemukan sehingga kondisi oksigen masih ada," ujar dia.

TNI saat ini sudah mengerahkan sejumlah KRI dalam proses pencarian. Tidak hanya itu, kapal gabungan basarnas dan KNKT juga turut membantu operasi penyelamatan tersebut.

Singapura-Malaysia mengerahkan kapal rescue untuk membantu proses penyelamatan, simak selengkapnya

Lihat juga Video: Kapal Selam Hilang, Prabowo Sorot Modernisasi Alutsista 3 Matra TNI

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2