KPK Juga Laporkan Penyidik Steppanus Robin Pattuju ke Dewas

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 00:35 WIB
Konferensi pers KPK penetapan tersangka kasus jual-beli jabatan di Pemkot Tanjungbalai (Azhar/detikcom)
Foto: Konferensi pers KPK penetapan tersangka kasus jual-beli jabatan di Pemkot Tanjungbalai (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Penyidik KPK Steppanus Robin Pattuju (SRP) ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial (MS). KPK akan melaporkan SRP ke Dewan Pengawas (Dewas) atas dugaan pelanggaran kode etik.

"KPK juga akan melaporkan dugaan pelanggaran kode etik sebagaimana dimaksud dalam pasal 37 B UU 19/2019 bahwa pelanggaran kode etik dilakukan pemeriksaan dan penyelesaian oleh Dewan Pengawas KPK," kata Ketua KPK, Firli Bahuri dalam jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/4/2021) malam.

Firli menyampaikan permintaan maaf atas dugaan tindak korupsi yang dilakukan oleh Steppanus Robin Pattuju. KPK, kata Firli, akan menindak tegas petugas yang melakukan pelanggaran.

"KPK memohon maaf, kami menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh dan segenap anak bangsa karena ada cedera kejadian seperti ini. Tetapi kami ingin katakan komitmen KPK tidak pernah bergeser dan tidak mentolerir semua penyimpangan dan selama kami menjadi pimpinan KPK setidaknya sudah 2 orang anggota Polri yang dilakukan tindakan tegas oleh KPK pertama saudara YAN terkait kasus Bakamla dan ini adalah yang kedua," kata Firli.

Firli meminta agar masyarakat tak ragu dengan langkah yang dilakukan KPK dalam pemberantasan korupsi. Firli juga menekankan bahwa KPK akan bekerja transparan.

"Jadi kami tegaskan kembali jangan pernah ada keraguan kepada KPK, KPK tetap berkomitmen zero, zero tolerance atas penyimpangan. KPK bekerja keras dan sungguh-sungguh serta tetap mengedepankan asas tugas pokok KPK, transparan, akuntabel dan kepastian hukum, keadilan demi kepentingan umum serta menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia. Kami mengedepankan praduga tak bersalah," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2