Warga Pandeglang Tak Perlu Buru-buru Antre BPUM di BRI, Ada Waktu 3 Bulan

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 16:26 WIB
Pemerintah kembali menyiapkan bantuan presiden (banpres) produktif untuk UMKM tahap II. Para pelaku UKMK pun mulai mendaftar di bank penyalur seperti BRI.
Foto: Pradita Utama
Pandeglang -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terburu-buru datang ke Kantor Bank untuk mencairkan dana Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM).

Hal ini untuk menyikapi membludaknya warga di Pandeglang yang mengantre sejak tengah malam demi bisa mencairkan BLT UMKM senilai Rp 1,2 juta tersebut.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengungkapkan ada waktu selama 3 bulan yang diberikan oleh pemerintah untuk peyalurkan BPUM tersebut. Sehingga masyarakat diimbau untuk datang ke Kantor BRI pada saat jam layanan operasional yakni pukul 08.00 s.d. 14.00 waktu setempat.

"Apabila terdapat antrian panjang di Kantor BRI, masyarakat dapat mendatangi Kantor BRI lain yang kapasitasnya masih lengang atau masyarakat bisa datang pada hari lain yang lebih lengang," ungkap Aestika dalam keterangan tertulis, Kamis (22/4/2021).

Lebih lanjut, Aestika mengimbau kepada masyarakat, khususnya calon penerima BPUM untuk dapat mengakses laman https://eform.bri.co.id/bpum terlebih dahulu, sebelum mengambil haknya di kantor BRI terdekat guna menghindari terjadinya antrian.

Setelah mengakses eform BRI, selanjutnya masyarakat bisa memasukkan nomor e-KTP (NIK) dan mengisi kode verifikasi serta melanjutkan proses inquiry untuk mengetahui hasilnya.

Baca Juga: Potret Warga Pandeglang Antre Tengah Malam hingga Pagi Demi BLT

Aestika mengungkapkan untuk membantu dan memudahkan masyarakat dalam mengetahui apakah dirinya mendapatkan bantuan atau tidak, maka mereka dapat mengakses laman https://eform.bri.co.id/bpum.

Apabila masyarakat sudah mengecek status bantuan bagi dirinya, maka bisa segera menghubungi Kantor BRI terdekat untuk mengecek waktu atau jadwal pencairan.

"Mempertimbangkan protokol kesehatan dan untuk menghindari terjadinya kerumunan, pencairan BPUM dilakukan secara bertahap sesuai tanggal yang ditentukan. Pencairan BPUM ini dapat dilakukan melalui seluruh Unit Kerja BRI dan tidak dipungut biaya sedikitpun atau gratis," jelasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya sejumlah warga di Pandeglang harus mengantre sejak tengah malam demi bisa mencairkan uang bantuan produktif usaha mikro (BPUM) atau BLT UMKM Rp 1,2 juta. Mereka rela datang ke kantor BRI untuk bisa mendapatkan nomor antrean.

(ega/ega)