detikKultum Gus Miftah: Jaga Hati di Bulan Suci

Rahma Indina Harbani - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 17:15 WIB
Jakarta -

Tidak hanya memperhatikan kecantikan fisik, tetapi kita juga perlu memelihara kecantikan dari dalam atau yang biasa kita sebut dengan inner beauty. Bagaimana caranya? Simak detikKultum bersama Gus Miftah pada episode: Jaga Hati di Bulan Suci ini!

Siapa yang tahu arti dari inner beauty? Nah, secara bahasa, inner beauty berarti kecantikan dari dalam. Bukan perihal kecantikan fisik atau pun penampilan luar, tetapi soal kecantikan hati dan perbuatan.

Oleh karena itu, ada doa yang disunnahkan untuk kita baca tiap kali kita tengah bercermin. Bunyi doa bercermin adalah sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Bacaan latin: Allahumma kamaa hassanta kholqi fa hassin khuluqi

Artinya: "Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku, maka perindah pulalah akhlakku." (HR. Ahmad)

Pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji, Miftah Maulana Habiburrahman Gus Miftah sangat menekankan soal memperbaiki penampilan budi dan pekerti. Salah satunya dengan menjaga air wudhu.

Dengan menjaga air wudhu, kita selalu akan mendapat perlindungan dari Allah SWT dan senantiasa terlihat menyenangkan.

Lebih lanjut, Gus Miftah juga mengingatkan bahwa bukan hanya fisik yang perlu diperbaiki, tetapi budi pekerti juga perlu diperhatikan.

Hal itu termasuk dengan memperbaiki hati. Salah satunya dengan tidak memelihara hasut, iri, dan dengki kepada orang lain.

"Maka bukan hanya dandanan fisik, bukan hanya penampilan fisik yang perlu kita dandani. Tetapi, ternyata budi dan pekerti, termasuk memperbaiki hati kita," kata Gus Miftah dalam detikKultum detikcom, Rabu, (21/4/2021).

Selengkapnya detikKultum bersama Gus Miftah: Jaga Hati di Bulan Suci tonton DI SINI.

(erd/erd)